Apa Kabar Proyek Hilirisasi Batu Bara Anak Usaha BUMI, Arutmin - KPC?

Mela Syaharani
27 Februari 2024, 18:50
hilirisasi batu bara, bumi resources, kpc, arutmin,
Katadata/Mela Syaharani
Tambang batu bara milik PT Arutmin Indonesia, anak usaha Bumi Resources.
Button AI Summarize

Grup Bumi Resources (BUMI) terus mempersiapkan rencana proyek hilirisasi batu bara bersama calon mitra strategis dari Cina. Beberapa proyek tersebut di antaranya digarap oleh anak usaha BUMI, Kaltim Prima Coal dan Arutmin.

“Tahun ini ditargetkan dapat dilaksanakan financial closing untuk siap ke tahapan selanjutnya yakni konstruksi,” kata Direktur Independen dan Sekretaris Perusahaan BUMI Resources Dileep Srivastava kepada Katadata.co.id pada Selasa (27/2).

Dileep menyampaikan, secara perhitungan keekonomian proyek hilirisasi ini termasuk hal yang sensitif terhadap harga jual produk dan beberapa peraturan pemerintah.

“Antara lain penerimaan negara bukan pajak batu bara 0%, izin harga batubara khusus, tax holiday dan beberapa insentif lainnya,” ujarnya.

Dileep menyebut anak usaha BUMI senantiasa berusaha melaksanakan hilirisasi batubara ini sesuai dengan amanat peraturan yang berlaku di Indonesia.

Sebagai informasi, anak usaha Bumi Resource, Kaltim Prima Coal (KPC), telah mengunci kesepakatan investasi untuk melanjutkan proyek hilirisasi batu bara di Bengalon, Kalimantan Timur pada Mei 2023 lalu.

Kesepakatan ini sekaligus menutup kekosongan mitra investasi KPC sepeninggalan perusahaan pengolahan gas dan kimia asal Amerika Serikat (AS) Air Products and Chemicals Inc yang hengkang pada awal 2023.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...