Masa Depan Industri Batu Bara Dinilai Masih Cerah dengan Hilirisasi

Muhamad Fajar Riyandanu
27 April 2023, 19:30
batu bara, hilirisasi, minerba, smelter,
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nym.
Sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (29/11/2022).

Asosiasi Pertambangan Batu bara Indonesia (APBI) menilai masa depan industri batu bara masih cerah meski pemerintah berencana menutup operasi seluruh pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) pada 2050.

Direktur Eksekutif APBI Hendra Sinadia mengatakan permintaan terhadap batu bara akan terus ada dalam jangka panjang walaupun pada 2050 seluruh PLTU berhenti beroperasi. Menurutnya batu bara tetap dibutuhkan untuk industri non-kelistrikan, salah satunya untuk operasional smelter.

Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batu bara Indonesia (APBI), Hendra Sinadia, menyampaikan bahwa kebijakan hilirisasi mineral berdampak pada menjamurnya pembangunan smelter di dalam negeri.

Kondisi tersebut dilihat sebagai pasar potensial bagi penjualan batu bara domestik kendati kebutuhan batu bara pada sektor pembangkit listrik menurun seiring komitmen PLN untuk mengurangi bauran energi fosil di sektor kelistrikan.

"Lihat peningkatan permintaan batu bara terhadap industri non kelistrikan seperti industri smelter. Saat ini gencar membangun smelter nikel, tembaga, bauksit kemudian juga semen juga masih terus mengalami peningkatan, kertas hingga pupuk," kata Hendra dalam Mining Zone CNBC pada Kamis (27/4).

Selain itu, permintaan batu bara akan terus terawat seiring keputusan pemerintah yang masih mengizinkan pembangungan PLTU batu bara yang terintegrasi dengan industri.

Keputusan tersebut tertulis dalam Pasal 3 Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 112 tahun 2022 Tentang Percepatan Pengembangan Energi Terbarukan untuk Penyediaan Tenaga Listrik.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...