Selain Es Teh Indonesia, Ini Lima Merek Minuman Teh Lokal Kekinian

Tia Dwitiani Komalasari
27 September 2022, 06:45
Pekerja mengangkut daun teh usai dipetik di perkebunan PTPN VI, Kayu Aro, Kerinci, Jambi, Senin (3/8/2020).
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/wsj.
Pekerja mengangkut daun teh usai dipetik di perkebunan PTPN VI, Kayu Aro, Kerinci, Jambi, Senin (3/8/2020).

Perusahaan yang bergerak di bisnis makanan dan minuman, PT Es Teh Indonesia Makmur atau Es Teh Indonesia, sedang hangat diperbincangkan di media sosial. Perbincangan ini dipicu oleh somasi yang dilayangkan perusahaan pada netizen yang mengkritik kandungan gula minuman tersebut di media sosial.

Berdasarkan catatan Katadata.co.id, perusahaan yang didirikan oleh Haidar Wurjanto pada 2018 ini bermula dari sebuah booth sederhana di pameran di Kemang Village. Saat ini, Es Teh memiliki lebih dari 945 outlet yang tersebar 68% di Jawa dan 32% luar Jawa.

Produk andalannya adalah minuman berbahan dasar es teh yang dikombinasikan dengan campuran susu, matcha, cokelat hingga varian lainnya. Saat ini, Es Teh tercatat menawarkan harga produk yang bervariasi, mulai dari kisaran Rp 8.000 hingga Rp 32.000 per gelasnya dengan 22 varian rasa yang ditawarkan. Perusahaan juga menawarkan skema franchise dengan investasi mulai Rp 130 juta untuk membuka satu gerai Es Teh.

Namun demikian, terdapat banyak perusahaan lain yang juga mengembangkan minuman teh lokal kekinian.Sebagian perusahaan tersebut bahkan sudah didirikan puluhan tahun.

Lima merek teh lokal kekinian adalah:

1. Es Teh Poci
Merek legendaris ini dikeluarkan oleh PT Gunug Slamat. Teh Poci didirikan oleh keluarga Sosrodjojo sejak 1950-an.

2. haus!
Merek minuman ini dikelola oleh PT Inspirasi Bisnis Nusantara. Sama dengan Es Teh Indonesia, perusahaan ini juga didirikan pada 2018 oleh Gufron Syarif.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...