Okupansi Hotel 100% Saat Nataru, PHRI Harap Tiket Pesawat Bisa Murah

Nadya Zahira
4 Januari 2023, 12:52
Sejumlah pengunjung menaiki wahana " Banana Boat" saat libur Tahun Baru 2023 di objek wisata Pantai Jikomalamo, Kota Ternate, Maluku Utara, Minggu (1/1/2023).
ANTARA FOTO/Andri Saputra/rwa.
Sejumlah pengunjung menaiki wahana " Banana Boat" saat libur Tahun Baru 2023 di objek wisata Pantai Jikomalamo, Kota Ternate, Maluku Utara, Minggu (1/1/2023).

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia atau PHRI menyatakan bahwa okupansi hotel selama libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru mencapai lebih dari 100%. Angka tersebut naik signifikan jika dibandingkan dengan okupansi pada tahun-tahun sebelumnya saat Indonesia mengalami pandemi Covid-19.

"Selama tahun baru bagus okupansinya, mayoritas daerah tujuan wisata 100% kemarin. Karena dilihat dari perkembangannya di tahun 2022 kemarin, boleh dibilang ini sudah mendekati okupansi pada 2019 sebelum pandemi," ujar Ketua Umum PHRI Hariyadi Sukamdani, saat ditemui di Kantor Apindo, Jakarta Selatan, Selasa (3/1).

Hariyadi mengatakan, hampir semua hotel di seluruh daerah yang ada di Indonesia mengalami peningkatan okupansi yang signifikan. Namun demikian, dirinya tidak menyebutkan secara detail daerah mana saja yang okupansi hotelnya menembus hingga 100% tersebut.  

Tiket Pesawat Murah

Kendati demikian, Hariyadi mengatakan terdapat beberapa hotel di sejumlah daerah yang okupansinya belum maksimal. Hal ini disebabkan karena adanya beberapa kendala yang dihadapi oleh hotel-hotel tersebut.

"Kenapa tidak maksimal? Karena beberapa daerah masih memiliki kendala-kendala, misalnya dari sisi aksesibilitasnya. Tapi kita harapkan tahun depan sudah pulih," ujarnya.

Dia meyakini kebijakan pemerintah mencabut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM, akan mempercepat pemulihan industri perhotelan dan pariwisata.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...