Kajian Kereta Semi Cepat Jakarta-Semarang Selesai 2024

Nadya Zahira
2 Maret 2023, 17:39
Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) menjalani uji operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (16/11/2022).
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/tom.
Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) menjalani uji operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (16/11/2022).

Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan atau Kemenhub mengungkapkan bahwa rencana pembangunan Kereta Semi Cepat Jakarta-Semarang saat ini masih dalam tahap kajian dan ditargetkan selesai 2024.

"Kereta Jakarta-Semarang itu, masih dalam tahap tataran studi ya, dan kami masih mengkaji itu semua," ujar  Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Djarot Tri Wardhono kepada awak media, usai menghadiri acara Adhi Exhibition 63 Tahun, Jakarta, Kamis (3/2).

Jarot mengatakan, Kemenhub saat ini masih melakukan kajian secara menyeluruh terhadap kereta semi cepat tersebut, sehingga belum bisa dipastikan target dari rampungnya pembangunan proyek tersebut.

"Belum bisa dipastikan rampungnya kapan, yang jelas untuk sementara ini kajiannya masih kereta semi cepat," ujarnya.

Selain itu, Jarot menuturkan, kereta  semi cepat akan dimulai dari Jakarta dan kemungkinan nantinya akan menjadi bagian dari kereta semi cepat Jakarta - Surabaya.

"Kita masih jajaki secara kajian, dengan melihat kondisi yang ada, jadi saya belum bisa memberikan kepastian lebih lanjut," kata dia.

Sementara itu, dia mengungkapkan bahwa tujuan dari adanya pembangunan kereta cepat semi Jakarta - Semarang ini, guna memberi pelayanan secara cepat kepada para pengguna jasa dan meningkatkan angkutan transportasi di Indonesia.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...