Alasan Pedagang Baju Bekas Impor Enggan Jual Produk UMKM Lokal

Nadya Zahira
31 Maret 2023, 10:42
Calon pembeli memilih pakaian bekas yang dijual di salah satu toko di Pasar Senen, Jakarta, Kamis (30/3). Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki menyampaikan telah memberikan solusi untuk pedagang pakaian bekas yang terdampak larangan \
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Calon pembeli memilih pakaian bekas yang dijual di salah satu toko di Pasar Senen, Jakarta, Kamis (30/3). Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki menyampaikan telah memberikan solusi untuk pedagang pakaian bekas yang terdampak larangan \"thrift\" impor ilegal dengan cara beralih menjadi \"reseller\" pakaian produk lokal melalui kerja sama dengan UMKM.

Pemerintah akan segera mengehentikan penjualan baju bekas impor  dan mendorong pedagang untuk beralih memasarkan produk lokal milik UMKM. Namun demikian, sejumlah pedagang baju bekas impor keberatan untuk menjual produk UMKM tersebut.

Salah satu pedagang baju bekas impor di Pasar Senen, Derri mengatakan, rencana pemerintah tersebut tidak menyelesaikan masalah. menurut pedagang yang sudah bejualan dari 1989 tersebut mengatakan produk lokal memiliki harga yang tidak terjangkau namun kualitasnya tidak jauh lebih bagus dari barang bekas impor.

"Kurang greget aja kalau beralihnya ke barang lokal. Karena kalau barang impor itu kan sudah ketahuan modelnya, dari segi bahannya, kualitasnya juga bagus semua walaupun barangnya barang bekas," ujarnya kepada Katadata, saat ditemui di Pasar Senen Blok III, Jakarta, Kamis (30/3).

Derri mengatakan, menjual produk UMKM lokal belum tentu menguntungkan karena daya tariknya untuk konsumen tidak sebesar barang bekas impor. Barang bekas impor pun bisa dijual dengan harga murah sehingga terjangkau.

"Harganya juga terjangkau, dari tukang becak sampe kalangan atas bisa beli," ujarnya.

Derri mengatakan, pembeli biasanya paling banyak mengeluarkan uang sebesar Rp 500.000 untuk membeli baju bekas impor di Pasar Senen. Namun uang tersebut bisa membeli baju dengan jumlah banyak.

"Biasanya paling banyak Rp 500 ribu, dan mereka sudah bisa dapat 1 karung. Bahkan mereka bisa menjual lagi," kata dia.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...