Lima Negara dengan Investasi Terbesar di Indonesia, Cina Hingga AS

Nadya Zahira
28 April 2023, 16:43
Kepulan asap dari pembakaran nikel di kawasan industri PT Obsidian Stainless Steel (OSS) nampak dari pelabuhan bongkar muat nikel di Kecamatan Morosi, Konawe, Sulawesi Tenggara, Senin (27/2/2023).
ANTARA FOTO/Jojon/hp..
Kepulan asap dari pembakaran nikel di kawasan industri PT Obsidian Stainless Steel (OSS) nampak dari pelabuhan bongkar muat nikel di Kecamatan Morosi, Konawe, Sulawesi Tenggara, Senin (27/2/2023).

Kementerian Investasi mencatat Penanaman Modal Asing atau PMA pada kuartal I-2023 mencapai Rp 177,0 triliun, atau 53,8% dari total investasi. Realisasi PMA kuartal I-2023 tersebut naik 1,1% dibandingkan kuartal sebelumnya, atau naik 20,2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia, mengatakan jika Singapura masih menjadi negara dengan investasi terbesar ke Indonesia yaitu sebesar US$ 4,3 miliar. Singapura berada di urutan posisi nomer satu sejak realisasi investasi kuartal I-2022.

"Singapura posisinya masih terus stabil. Tapi kalau Singapura ini teman-teman sudah tau kan sebagian uangnya berasal dari orang Indonesia, dan saya tidak akan pernah bosan untuk mengatakan itu, jadi mereka tidak terlalu paten juga," ujarnya di Jakarta, Jumat, (28/4).

Berikut lima negara dengan nilai investasi terbesar di Indonesia pada kuartal I-2023:

1. Singapura

Sepertinya yang sudah disebutkan sebelumnya, posisi pertama negara dengan tingkat investasi terbesar masih ditempati oleh Singapura. Singapura mencatat nilai realisasi investasi sebesar US$ 4,3 miliar pada kuartal I-2023.

"Sektor keuangan Singapura ini memang lebih besar dari pada Indonesia, namun uangnya juga didominasi dari orang Indonesia," kata Bahlil.

2. Hong Kong

Tepat di bawah Singapura terdapat Hong Kong dengan nilai realisasi investasi mencapai US$ 1,6 miliar pada kuartal I-2023. Hong Kong berhasil menggeser Cina di posisi kedua.

"Jadi Hong Kong menggeser posisi Cina. Mungkin karena Hong Kong ini sekarang dijadikan sebagai hub beberapa investor Eropa," ujar Bahlil.

3. Cina

Tepat di bawah Hong Kong terdapat Tiongkok dengan nilai realisasi investasi mencapai US$ 1,2 miliar di kuartal I-2023. Bahlil mengatakan, realisasi investasi Tiongkok meningkat karena negara tersebut sedang menggenjot investasinya di indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...