Jokowi Targetkan Proyek Smelter Amman di Sumbawa Rampung Mei 2024

Andi M. Arief
20 Juni 2023, 17:01
jokowi, smelter, amman
Antara
Presiden Joko Widodo saat meninjau Smelter Amman di Sumbawa, NTB, Selasa (20/6). Foto: Antara.

Presiden Joko Widodo menargetkan konstruksi smelter milik PT Amman Mineral Nusa Tenggara akan rampung pada Mei 2024. Menurutnya, perkembangan konstruksi fasilitas pemurnian tersebut saat ini telah mencapai 51 persen.

Jokowi mencatat kapasitas produksi smelter milik Amman mencapai 900.000 ton. Adapun, tembaga yang telah dimurnikan tersebut akan menjadi bahan baku katoda sebagai bahan baku baterai mobil listrik.

"Tadi saya sampaikan agar turunan setelah katoda tembaga juga diolah di sini, sehingga memberikan nilai tambah dan membuka lapangan kerja," kata Jokowi dalam peninjauan di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Selasa (19/6) seperti disiarkan dalam Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengatakan salah satu barang turunan tembaga yang dikejar untuk diproduksi di dalam negeri adalah baterai lithium untuk mobil listrik. 
Presiden menjelaskan smelter yang sedang dibangun dapat menjadi ekosistem besar mobil listrik dan bisa membawa Indonesia melompat jadi negara maju.

"Tugas negara di situ, memastikan integrasi itu terjadi," kata Jokowi.

Sebelumnya, Menteri ESDM Arifin Tasrif menjelaskan bahwa progres smelter PT Freeport Indonesia dan Amman Mineral terkendala kondisi pandemi Covid-19. Dengan smelter yang belum siap, larangan ekspor akan membuat ribuan ton bijih dan konsentrat tembaga tak terserap.

Oleh karena itu pemerintah memperpanjang izin ekspor konsentrat tembaga dua perusahaan itu hingga Mei 2024. Termin waktu tersebut juga menjadi deadline bagi PTFI dan Amman Mineral untuk menyelesaikan proyek smelternya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...