Serba Salah Baso A Fung, Gimmick untuk Muslim Bikin Marah Umat Hindu

Nadya Zahira
1 Agustus 2023, 15:31
Restoran A Fung Baso Sapi Asli
Instagram @basoafung
Restoran A Fung Baso Sapi Asli

Aksi restoran A Fung Baso Sapi Asli yang menghancurkan ratusan mangkok di gerai Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai di Kabupaten Badung, Bali, berbuntut panjang. Pemusnahan ratusan mangkok untuk merebut hati umat Islam malah berbuntut kemarahan umat Hindu di Bali.

Pengamat Bisnis dan Pakar Brand Yuswohady menilai restoran Baso A Fung memang seharusnya tak mengambil langkah ekstrem memecahkan ratusan mangkoknya.

Yuswohady mengatakan seharusnya Baso Afung berhati-hati dalam mengambil tindakan terkait urusan agama. "Mestinya pihak Baso A Fung minta pendapat ahli agama dulu,” ujar Yuswohady saat dihubungi Katadata.co.id, dikutip Selasa (1/8).

Pada mulanya, Baso A Fung memusnahkan ratusan mangkok sebagai respons viral video dari selebgram Jovi Adhiguna. Jovi mengunggah video yang mencampur kerupuk babi yang ia beli di bandara dengan bakso dalam mangkuk dari restoran Baso A Fung.

Video Jovi ini membuat warganet beragama Islam protes karena Baso A Fung merupakan resto halal. Mereka pun mempertanyakan sertifikat halal restoran itu.

Merespons itu, restoran Baso A Fung menghancurkan mangkok-mangkoknya di gerainya yang berada di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai pada Rabu (19/7). Mereka membuat video pemusnahan dan disebarkan di media sosial resmi milik mereka.

Ternyata, giliran umat Hindu yang protes dengan aksi tersebut. Anggota Dewan Perwakilan Daerah atau DPD RI Provinsi Bali, Arya Wedakarna Suyasa, turun tangan ke lokasi gerai setelah menerima aduan dari umat Hindu Bali.

Ada Unsur Gimmick Baso Afung

Dia menilai, ada unsur gimmick dari pihak Baso A Fung saat memecahkan ratusan mengkoknya itu. Tujuannya, agar nama brand lebih terkenal di kalangan masyarakat, dan umat muslim bisa lebih percaya terhadap sertifikat halal milik Baso A Fung.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...