LRT Resmi Beroperasi, Cek Lokasi 18 Stasiun yang Layani Penumpang

Ira Guslina Sufa
28 Agustus 2023, 06:22
Lokasi Stasiun LRT
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/YU
Kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) melintas di Jalur LRT Taman Mini, Jakarta, Sabtu (19/8/2023).

Lintas Raya Terpadu (LRT) atau Kereta Api Ringan Jabodebek  dijadwalkan beroperasi melayani penumpang mulai hari ini Senin (28/8). Penggunaan LRT untuk umum rencananya akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. 

Untuk melayani perjalanan pemerintah telah menyiapkan 18 stasiun. Para pelanggan LRT dapat menggunakan moda transportasi ini dengan mengakses melalui stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat dan Jatimulya.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus mengatakan seluruh stasiun LRT Jabodebek berada di lokasi-lokasi strategis mulai dari kawasan perumahan hingga kawasan bisnis. “Tujuannya untuk memudahkan para pengguna transportasi dari dan menuju Ibu Kota atau wilayah lainnya,” kata Joni seperti dikutip, Senin (18/8). 

Lebih lanjut dia menjelaskan stasiun LRT terdiri atas 2 tipe. Tipe pertama adalah tipe Interchange Station yakni Stasiun Cawang. Selanjutnya Typical Station untuk 17 stasiun lainnya. Perbedaan dari tipe stasiun ini adalah jumlah jalur, luas stasiun dan fasilitas tambahan yang ada di dalamnya.

Interchange Station terdiri atas 3 lantai. Tipe ini terdiri dari lantai 1 yaitu area boarding dan komersial, lantai 2 area peron, dan lantai 3 adalah area komersial. Sedangkan untuk tipe Typical Station terdiri atas 2 lantai, yaitu lantai 1 adalah area boarding dan lantai 2 merupakan area peron.

Stasiun Cawang merupakan Interchange Station karena merupakan stasiun persimpangan atau stasiun transit. Pelanggan dari Stasiun Harjamukti yang ingin menuju ke arah Stasiun Jatimulya dapat berhenti terlebih dahulu di Stasiun Cawang dan berganti kereta tujuan Stasiun Jatimulya, maupun sebaliknya.

Untuk menunjang kenyamanan para pelanggan saat berada di stasiun, stasiun LRT Jabodebek dilengkapi dengan fasilitas akses berupa eskalator, tangga dan lift. Juga ada fasilitas pendukung yaitu toilet, ruang menyusui, mushalla, ruang kesehatan, Passenger Information Display System (PIDS), passenger announcement dan CCTV.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...