Jokowi-Biden Sepakati Era Kemitraan Baru, Bidik Produksi Semikonduktor

Muhamad Fajar Riyandanu
14 November 2023, 16:36
jokowi, kemitraan, biden, semikonduktor
Antara
Presiden Joko Widodo saat bertemu Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Gedung Putih, Washington DC, Senin (13/11). Foto: Antara.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden sepakat untuk menjalin kerja sama penguatan rantai rantai pasok produk semikonduktor.

Keputusan tersebut merupakah hasil dari peningkatkan kerja sama dua negara menjadi comprehensive strategic partnership alias kemitraan strategis komprehensif di Gedung Putih, Washington DC pada Senin, 13 November 2023.

Biden menyebut kesepakatan itu sebagai era baru dalam kerja sama Indonesia dan AS. Ia berharap kerja sama antara Negeri Abang Sam dengan Indonesia dapat terjalin lebih erat. 

"Hari ini kita meningkatkan hubungan kita ke tingkat tertinggi dengan berbicara mengenai kemitraan strategis komprehensif," kata Biden sebagaimana dikutip dari siaran Youtube Sekretariat Presiden pada Selasa (14/11).

Melansir Keterangan Pers Gedung Putih, Pemerintah AS dan Indonesia setuju untuk untuk menciptakan rantai nilai semikonduktor global yang lebih tangguh, aman, dan berkelanjutan.

Rencana tersebut diawali dengan tinjauan terhadap ekosistem semikonduktor Indonesia saat ini, yang mencakup kerangka peraturan, serta kebutuhan tenaga kerja dan infrastruktur. Kajian tersebut bakal menjadi informasi bagi Pemerintah AS untuk menjalin kemitraan lebih lanjut.

Gedung Putih menilai kolaborasi AS dan Indonesia dalam mengembangkan bisnis semikonduktor cukup krusial. Amerika Serikat juga bermaksud bermitra dengan asosiasi industri untuk memimpin delegasi perdagangan perusahaan semikonduktor AS ke Indonesia.

Pada pertemuan tersebut, Jokowi mengapresiasi inisiatif AS untuk memperkuat kerja sama pada sektor ekonomi, khususnya pada aspek rantai pasok komoditas.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...