Mendag Zulhas: Aksi Boikot Produk Israel adalah Hak Masyarakat

Andi M. Arief
27 November 2023, 16:49
boikot israel, israel, zulkifli hasan
ANTARA FOTO/Arnas Padda/YU
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (ketiga kiri) berpendapat aksi boikot tersebut merupakan bentuk pendapat penyampaian pendapat masyarakat.

Sebagian masyarakat Indonesia memboikot sejumlah barang-barang yang dinilai terafiliasi dengan Israel. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menilai, keputusan boikot sepenuhnya merupakan hak konsumen atau masyarakat. 

"Hak masyarakat  untuk tidak membeli produk-produk yang dinilai terafiliasi dengan Israel. Pemerintah tidak ada boikot produk apapun," kata Zulhas di Gedung DPR, Senin (27/11).

Zulhas berpendapat aksi boikot tersebut merupakan bentuk pendapat penyampaian pendapat masyarakat. Ia pun tidak menjelaskan lebih lanjut terkait daftar produk-produk yang dinilai terafiliasi dengan Israel.

Asosiasi Pengusaha Pemasok Pasar Modern Indonesia atau AP3MI memperkirakan, aksi boikot produk yang terafiliasi dengan Israel berpotensi menggerus transaksi di pasar modern hingga 50%. Mayoritas barang yang ada dalam daftar boikot merupakan produk pareto.

Produk pareto adalah barang yang berkontribusi hingga 80% dari total barang di pasar modern, tetapi kontribusi ke transaksi hanya 20%. Produk pareto pada umumnya  adalah produk konsumer seperti shampo, susu balita, dan minuman ringan.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...