Jasa Marga Siapkan 17 Titik SPKLU Hadapi Nataru 2023/2024

Andi M. Arief
14 Desember 2023, 14:37
Jasa Marga, nataru, spklu
ANTARA FOTO/Agha Yuninda/wsj/tom.
Seorang pengemudi mengisi daya baterai mobil listriknya di SPKLU.

PT Jasa Marga Tbk menyiapkan 17 titik stasiun pengisian kendaraan listrik umum atau SPKLU. Langkah ini untuk mengantisipasi kebutuhan pengemudi kendaraan listrik di jalan tol selama Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 alias Nataru.

Corporate Communication & Community Development Group Head JSMR Lisye Octaviana mengatakan telah melakukan simulasi perjalanan dengan kendaraan listrik. Hasilnya, kendaraan minim emisi ini mampu melakukan perjalanan dari Jakarta sampai Surabaya dengan melakukan pengisian di titik-titik SPKLU yang sudah disediakan.

"Kami juga mengimbau pengguna rest area untuk bergantian dalam menggunakan toilet, tempat makan, dan fasilitas SPKLU," kata Lisye dalam konferensi pers di kantornya, Kamis (14/12).

Lisye meminta agar pengguna mobil listrik selama Nataru 2023/2024 tidak meninggalkan kendaraan saat mengisi daya di SPKLU. Hal tersebut penting agar pengguna kendaraan dapat memantau pengisian daya agar waktu singgah di rest area lebih efisien.

Direktur Utama PT Jasa Marga Tollroad Operator Yoga Tri Anggoro mencatat mayoritas SPKLU tersebut berada di jalan tol ke arah timur Jabodetabek. Setidaknya ada tujuh titik SPKLU di jalan tol JSMR ke arah timur Jabodetabek.

Secara rinci, titik SPKLU terbanyak ada di Jalan Tol Jakarta-Cikampek atau sebanyak tiga titik. Setelah itu, SPKLU dapat ditemukan di dua titik ruas Tol Solo-Ngawi, satu titik di Tol Semarang-Solo, dan satu titik di Tol Cikopo-Palimanan.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...