Krisis Boeing 737 MAX, Penemuan Baut Pesawat Longgar Makin Banyak

Tia Dwitiani Komalasari
9 Januari 2024, 08:05
Boeing 737 United Airlines
Instagram @boeing
Button AI Summarize

Krisis terbaru Boeing 737 MAX semakin parah setelah United Airlines mengatakan pihaknya menemukan baut yang longgar pada beberapa pesawat MAX 9 yang dilarang terbang pada Senin (8/1) waktu setempat. Hal itu meningkatkan kekhawatiran baru di kalangan pakar industri tentang proses produksi jet terlaris tersebut.

Regulator AS melarang terbang 171 pesawat 737 Max 9 setelah panel meledakkan pesawat yang dioperasikan Alaska Airlines tidak lama setelah lepas landas dari bandara Portland, Oregon, pada Jumat (9/1). Kejadian tersebut memaksa pilot berebut untuk mendaratkan pesawat tersebut. dengan aman.

United, salah satu dari dua maskapai penerbangan AS yang menerbangkan model Boeing ini, mengatakan bahwa hasil pemeriksaannya menemukan adanya baut yang perlu dikencangkan pada beberapa panel. Pengungkapan itu meningkatkan kekhawatiran mengenai proses produksi 171 jet MAX 9 yang telah dilarang terbang.

Dikutip dari Reuters, United kini telah menemukan hampir 10 pesawat dengan baut yang longgar, dan angka tersebut mungkin akan bertambah.

Beberapa orang dalam industri mengatakan maskapai penerbangan mulai mendengar penumpang menyuarakan kekhawatirannya tentang keselamatan pesawat, meskipun MAX 9 hanya digunakan oleh segelintir maskapai penerbangan. Kekhawatiran yang berkepanjangan dapat meningkatkan tekanan terhadap Boeing, yang telah mengalami banyak masalah produksi sejak dilarang terbangnya keluarga 737 MAX pada awal 2019.

“Hal ini banyak berubah karena sekarang ini adalah masalah armada. Ini adalah masalah pengendalian kualitas,” kata pakar keselamatan pesawat AS John Cox.

Kasus ini langsung ditanggapi pasar. Saham Boeing merosot 8% pada Senin (9/1).

Pembatalan Penerbangan

Model lorong tunggal terbesar Boeing yang sedang diproduksi memiliki panel yang dikenal sebagai untuk menggantikan pintu keluar yang akan dipasang pada pesawat untuk mengangkut lebih banyak penumpang. Kebanyakan operator menggunakan versi dengan kepadatan lebih rendah dengan penutup pintu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...