Jalan Tol Japek II Selatan Sukabungah-Sadang Rampung Tahun Ini

Agustiyanti
21 Februari 2024, 10:18
jalan tol, jalan tol japek II
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/foc.
Foto udara proyek pembangunan Jalan Tol Jakarta - Cikampek II Selatan Seksi 3 di Purwakarta, Jawa Barat, Minggu (24/4/2022). PT Jasa Marga akan membuka Jalan Tol Jakarta-Cikampek atau Japek II Selatan secara situasional sebagai salah satu alternatif rekayasa lalu lintas untuk memecah kepadatan kendaraan pada arus balik Lebaran 2022.
Button AI Summarize

Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT menyebut konstruksi proyek  jalan tol Jakarta - Cikampek atau Japek II Selatan Paket 3 Sukabungah - Kutanegara - Sadang rampung pada tahun ini.

"Pada Paket 3 menghubungkan Sukabungah - Kutanegara (22,75 km) dengan progres 81%, dan Kutanegara - Sadang (8,50 km) dengan progres 95,5%," ujar Kepala BPJT Miftachul Munir seperti dikutip dari Antara, Rabu (21/2). 

Dia menjelaskan, paket 1 pengerjaan proyek yang mencakup ruas Jatiasih - Setu sepanjang 9,30 km ditargetkan selesai konstruksinya setelah 2024. Demikian pula dengan paket 2A Setu - Sukaragam  dengan panjang 10,50 km yang progresnya masih mencapai 5,7% dan paket 2 B Sukaragam - Sukabungah sepanjang 13 km. 

BPJT menekankan, jalan tol Jakarta – Cikampek (Japek) II Selatan sepanjang 64,05 km memiliki peran penting dalam menghubungkan daerah-daerah di Jawa Barat. Jalan tol baru ini nantinya akan menghubungkan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta di Jati Asih, Bekasi dengan Jalan Tol Purbaleunyi di Sadang, Purwakarta.

Menurut BPJT,  Japek II Selatan juga berpotensi mendatangkan minat-minat investasi lain di Jawa Barat yang dapat meningkatkan pengembangan wilayah industri, maupun wisata, serta membuka banyak lapangan pekerjaan. Secara keseluruhan jalan tol ini juga dapa memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Purwakarta. 

Jalan tol ini akan memiliki tujuh gerbang tol atau GT, yaitu:

  1. GT Jati Asih,
  2. GT Bantar Gebang
  3. GT Setu
  4. GT Sukaragam
  5. GT Taman Mekar
  6. GT Kutanegara
  7. dan GT Sadang

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...