Puluhan Ribu Warga London Gelar Aksi Dukung Palestina

Lavinda
Oleh Lavinda
5 November 2023, 20:17
Palestina
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/Spt.
Aktivis Greenpeace Indonesia menggelar aksi damai solidaritas untuk warga Palestina di Jakarta, Jumat (3/11/2023).

Puluhan ribu warga kembali berkumpul dan memenuhi jalan di Trafalgar Square, London, untuk berunjuk rasa memprotes Israel dan menyerukan gencatan senjata dalam konflik Israel dan Hamas.

Warga Inggris berdemonstrasi sambil mengibarkan bendera Palestina dan meneriakkan salah satu slogan pro-Palestina, yakni 'Dari Sungai hingga laut, Palestina akan bebas'.

Dalam aksi demo itu, para pengunjuk rasa meneriakkan nama dan mengkritik dukungan Perdana Menteri Rishi Sunak dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden terhadap Israel.

Aksi protes itu juga memperlihatkan banyak lambang pro-Palestina, seperti 'Mengebom anak-anak bukan membela diri', dan 'Gencatan senjata sekarang'.

Pendemo Yahudi juga memprotes aksi pemerintah Israel dengan spanduk 'Yahudi bilang hentikan genosida warga Palestina' dan 'Yahudi untuk Palestina Merdeka.'

Dikutip dari Anadolu, pendemo asal Irlandia bernama Tom mengatakan bahwa dia telah lama mendukung warga Palestina, tapi saat ini keadaan memburuk.

"Sangat kecewa. Sangat memalukan mereka tidak melakukan apapun," kata dia, mengkritik para politisi yang menolak mendukung seruan gencatan senjata.

Halaman:
Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...