Israel Klaim Temukan Terowongan Hamas di Rumah Sakit Al Shifa Gaza

Sorta Tobing
17 November 2023, 08:15
Seorang anak lelaki mengayuh sepedanya di dekat reruntuhan sebuah rumah yang hancur akibat serangan udara Israel saat perseteruan antara Israel-Hamas, di Jalur Gaza, Minggu (23/5/2021).
ANTARA FOTO/REUTERS/Ahmed Jadallah/hp/cf
Seorang anak lelaki mengayuh sepedanya di dekat reruntuhan sebuah rumah yang hancur akibat serangan udara Israel saat perseteruan antara Israel-Hamas, di Jalur Gaza, Minggu (23/5/2021).

Pasukan Israel mengklaim telah menemukan sumur terowongan yang digunakan oleh militan Hamas di Rumah Sakit Al Shifa pada Kamis (16/11). Dalam sebuah video, pihak militer menunjukkan pintu terowongan di area luar rumah sakit terbesar di Gaza tersebut.

Di dalamnya terlihat lubang dalam tanah yang dalam, penuh dengan reruntuhan beton, kayu, dan pasir. Area tersebut terlihat seperti telah digali. Pada latar belakangnya tampak sebuah buldoser. Reuters tidak dapat segera verifikasi kebenaran video itu. 

Militer Israel mengatakan pasukannya juga menemukan kendaraan di rumah sakit yang berisi sejumlah senjata. Pihak Hamas dalam pernyataannya kemarin membantah seluruh klaim tersebut.

Pernyataan Pentagon dan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat terkait penggunaan Al Shifa untuk tujuan militer, menurut Hamas, adalah pengulangan narasi yang salah. "Ini ditunjukkan dari kinerja lemah dan konyol juru bicara pasukan penjajah," tulis pernyataan Hamas, dikutip dari Reuters.  

Juru bicara Gedung Putih John Kirby di hari yang sama mengatakan AS tetap yakin dengan penilaian intelijennya. Aktivitas Hamas ada di rumah sakit Al Shifa. Namun, Kirby enggan menguraikan informasi ini lebih lanjut. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...