Jokowi: Joe Biden Tak Tanggapi Upaya Penghentian Konflik di Gaza

Muhamad Fajar Riyandanu
20 November 2023, 11:53
jokowi, joe biden, gaza, konflik israel palestina
Instagram @jokowi
Presiden Amerika Serikat Joe Biden melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Washington DC, Amerika Serikat, Senin (13/11)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku belum mendapat tanggapan resmi dari Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden terkait upaya penyelesaian perang Israel-Palestina.

Saat melaksanakan pertemuan bilateral dengan Biden di Gedung Putih, Washington DC, Senin (13/11), Jokowi mendorong Biden untuk segera mengambil inisiatif tertentu demi menghentikan konflik bersenjata di Jalur Gaza.

Desakan kepada AS untuk turut serta dalam upaya penghentian perang di Gaza merupakan salah satu poin kesepakatan KTT Organisation of Islamic Cooperation atau Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Riyadh, Arab Saudi pada 11 November 2023.

Forum tersebut merupakan tanggapan terhadap situasi krisis di Gaza, Palestina, akibat agresi brutal Israel. Kendati demikian, ujar Jokowi, Biden belum memberikan tanggapan dari hasil dialog ihwal langkah untuk menghentikan konflik bersenjata di Jalur Gaza.

"(Biden) tidak menanggapi," kata Jokowi kepada wartawan di Pangkalan Angkatan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta pada Senin (20/11).

Dia berasumsi Biden masih terus menampung aspirasi dari sejumlah pihak terkait langkah penyelesaian perang Israel-Palestina di Gaza. "Mungkin masih ditampung jadi pemikiran, saya kira dari apa yang kami sampaikan pasti dicatat dan menjadi catatan," ujar Jokowi.

Jokowi juga menekankan pentingnya implementasi solusi dua negara alias two state solution untuk mewujudkan perdamaian di Jalur Gaza.

Two state solution merupakan kerangka penyelesaian konflik Israel-Palestina dengan mendirikan dua negara untuk dua bangsa, yakni negara Israel untuk bangsa Yahudi dan Palestina untuk rakyat Palestina.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...