Covid-19 Kembali Menyebar di Singapura, Tercatat Ada 22 Ribu Kasus

Happy Fajrian
4 Desember 2023, 09:43
covid-19, singapura
123rf
Ilustrasi Singapura

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Singapura melaporkan bahwa terjadi kenaikan infeksi Covid-19 yang signifikan pada periode 19-25 November. Jumlah kasus tercatat naik menjadi 22.094 dari 10.726 pada pekan sebelumnya.

Meski terjadi lonjakan kasus dua kali lipat, jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit dan di unit perawatan intensif masih terkendali. Menurut laporan Kementerian Kesehatan, lebih dari 70% kasus di Singapura per 27 November didominasi oleh varian virus EG.5 dan sub-garis keturunannya HK.3.

“Peningkatan ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, termasuk musim perjalanan di akhir tahun dan turunnya kekebalan penduduk,” kata Kemenkes seperti dikutip dari The Straits Times, Senin (4/12). “Saat ini, tidak ada indikasi bahwa subvarian utama lebih mudah menular atau menyebabkan penyakit lebih parah dibandingkan varian lain”.

Meskipun negara-negara di wilayah beriklim sedang mengalami peningkatan kasus penyakit pernafasan, pemerintah Singapura mengatakan secara keseluruhan kasus penyakit pernafasan di negaranya tetap stabil.

“Secara lokal, belum ada indikasi peningkatan penyakit pernapasan parah, termasuk pada anak-anak,” tambah kementerian tersebut. “WHO melaporkan peningkatan aktivitas virus pernapasan, termasuk influenza dan virus pernapasan syncytial (RSV), di beberapa bagian Belahan Bumi Utara”.

Mereka menambahkan bahwa beberapa negara beriklim sedang telah melaporkan atau mengantisipasi peningkatan jumlah penyakit pernafasan selama bulan-bulan musim dingin.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...