Joe Biden: Israel Mulai Kehilangan Dukungan Dunia

Safrezi Fitra
13 Desember 2023, 14:15
Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Israel Mulai Kehilangan Dukungan Dunia, hubungan amerika dengan israel, biden kritik netanyahu
ANTARA FOTO/Media Center G20/Akbar Nugroho Gumay/wsj.
Presiden Amerika Serikat Joe Biden

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan Israel mulai kehilangan dukungan dari seluruh dunia. Ini akibat agresi tentara yang masih dilakukan Israel ke Palestina.

Biden mengatakan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu harus berubah untuk menemukan solusi konflik Israel-Palestina. Pernyataan Biden ini seolah memperlihatkan keretakan dalam hubungannya dengan Netanyahu.

“Mereka (Israel) mulai kehilangan dukungan tersebut dengan pemboman tanpa pandang bulu yang terjadi,” kata Biden, seperti dikutip Reuters (13/12). Pernyataan Biden ini disampaikan kepada para donor untuk kampanye pemilihannya kembali pada tahun 2024.

Ini menjadi pernyataan paling kritisnya sejauh ini mengenai cara Netanyahu menangani perang Israel di Gaza. Hal ini sangat kontras dengan dukungan literal dan politisnya terhadap pemimpin Israel beberapa hari setelah serangan militan Hamas pada 7 Oktober di Israel selatan.

Mengutip Anadolu Agency, Biden juga mengkritik pemerintahan Netanyahu yang tak menginginkan solusi dua negara antara Israel dengan Palestina. "Ini adalah pemerintahan paling konservatif dalam sejarah Israel," lanjut Biden.

Biden secara khusus menyebut Itamar Ben-Gvir, pemimpin partai sayap kanan Israel dan Menteri Keamanan Nasional dalam pemerintahan Netanyahu, yang menentang solusi dua negara dan menyerukan Israel untuk menegaskan kembali kendali atas seluruh wilayah Tepi Barat dan Gaza.

Pernyataan Biden muncul usai Netanyahu mengakui ada ketidaksepakatan dia dengan pemimpin AS soal Jalur Gaza setelah agresi berakhir. Dalam transkrip pernyataan Netanyahu yang bocor di beberapa media, dia berupaya mencegah Otoritas Palestina menguasai Jalur Gaza kala agresi Israel berhenti.

Sebelumnya Netanyahu juga disebut menggelar rapat tertutup bersama parlemen Israel membahas Gaza pasca-Hamas pada beberapa waktu lalu. Dia mengatakan Gaza akan berasa di bawah kontrol militer Israel dan perihal administratif bakal diurus otoritas sipil. 

Di sisi lain, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa akhirnya mengesahkan resolusi gencatan senjata di Gaza setelah mayoritas negara anggota PBB mendukung. Hasil pemungutan suara menunjukkan 153 negara mendukung, 10 negara menolak, dan 23 negara abstain.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...