7 Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan, Cegah Kanker hingga Stroke

Image title
15 Oktober 2021, 10:24
Manfaat minum kopi diperoleh dari kandungan nutrisi di dalamnya yang berguna untuk kesehatan.
Pexels/Chevanon Photography
Ilustrasi seseorang membuat latter art menggunakan kopi

Minum kopi mungkin sudah menjadi kebiasaan bagi beberapa orang. Aromanya yang khas menjadi pilihan untuk minuman pagi hari. Kandungan kafein di dalamnya juga dapat mengatasi kantuk dan membuat tubuh merasa lebih energik.

Merujuk pada studi Sergi Ferré tahun 2008 dalam “Journal of Neurochemistry”, kafein diketahui dapat meningkatkan kewaspadaan. Zat ini bekerja dengan menghalangi efek adenosin, yaitu zat kimia otak yang membuat Anda merasa lelah.

Pada saat yang sama, kafein juga memicu pelepasan adrenalin yang dapat meningkatkan energi. Oleh sebab itu, orang-orang memilih untuk minum kopi di pagi hari agar tetap terjaga dan berenergi untuk memulai aktivitas sehari-hari.

Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan

Konsumsi kopi dapat membawa dampak baik bagi kesehatan. Berikut manfaat minum kopi untuk kesehatan:

1. Mencegah kanker

Kopi dapat mempengaruhi mencegah kanker berkembang. Studi tahun 2011 dalam "International Journal of Cancer" menjelaskan, kopi dapat merangsang produksi asam empedu dan mempercepat pencernaan melalui usus besar.

Proses tersebut dapat menurunkan jumlah karsinogen (senyawa penyebab kanker) yang terpapar pada jaringan usus besar. Kandungan polifenol dalam kopi juga telah terbukti mencegah pertumbuhan sel kanker melalui penelitian pada hewan.

2. Membantu menurunkan berat badan

Penelitian dalam “The American Journal of Clinical Nutrition” menunjukkan bahwa minum kopi dapat menurunkan berat badan. Kandungan kafein di dalamnya dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh sebesar 3-11%.

Untuk menurunkan berat badan, gunakan kopi hitam, karena memiliki asam klorogenat yang dapat mempercepat penurunan berat badan. Zat tersebut juga dapat memperlambat produksi glukosa dalam tubuh. Akibatnya, produksi sel-sel lemak baru berkurang.

3. Mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2

Penelitian jangka panjang menunjukkan bahwa minum kopi dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi. Polifenol dan mineral, seperti magnesium dalam kopi dapat meningkatkan efektivitas metabolisme insulin dan glukosa dalam tubuh.

Hal tersebut dipublikasikan dalam “European Journal of Nutrition”. Hasil studi menerangkan bahwa terdapat 30% penurunan risiko diabetes tipe 2 pada orang yang minum kopi hingga 10 cangkir sehari dibandingkan orang yang hanya minum kurang dari satu cangkir.

4. Meningkatkan suasana hati

Manfaat minum kopi dapat terlihat dari peningkatan suasana hati. Berdasarkan publikasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), orang yang minum sekitar satu cangkir kopi setiap 4 jam mengalami peningkatan suasana hari yang berkelanjutan sepanjang hari.

Kafein dalam kopi bertindak sebagai stimulan sistem saraf pusat (SSP). Minum kopi membuat orang lebih waspada dan energik. Cara kafein bekerja adalah dengan menghalangi reseptor adenosin neurotransmiter sehingga meningkatkan rangsangan di otak.

5. Mengandung nutrisi esensial

Kopi mengandung nutrisi esensial yang baik untuk kesehatan. Dilansir dari NutritionData, kandungan kopi per 237 gram meliputi:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...