5 Manfaat Susu Almond untuk Ibu Hamil Beserta Kandungan Gizinya

Image title
7 Maret 2022, 14:51
Manfaat susu almond untuk ibu hamil termasuk mencegah tekanan darah tinggi, mengurangi risiko keguguran, dan membantu kesuburan.
Unsplash/dhanya purohit

Susu almond adalah minuman yang terbuat dari kacang almond. Susu almond tidak mengandung laktosa karena bukan produk hewani, sehingga menjadi pengganti yang baik untuk orang-orang dengan intoleransi laktosa.

Proses pembuatan susu almond dilakukan dengan mencampurkan almond dengan air kemudian menyaring campuran tersebut untuk menghilangkan padatannya. Susu almond memiliki rasa kacang dengan tekstur krim yang mirip dengan susu sapi biasa.

Mengutip WebMD, susu almond kaya akan vitamin E, yaitu antioksidan. Vitamin E dapat membantu mencegah masalah kesehatan seperti stroke, penyakit jantung, dan bahkan kanker. Beberapa merek susu almond melakukan fortifikasi vitamin dan mineral, seperti kalsium, protein, dan vitamin A, D, E dan B12.

Bagi ibu hamil, susu almond aman dikonsumsi. Manfaat susu almond untuk ibu hamil termasuk mencegah tekanan darah tinggi, mengurangi risiko keguguran, dan membantu kesuburan.

Kandungan Susu Almond

Berdasarkan data Departemen Pertanian Amerika Serikat, berikut kandungan susu almond per 240 ml.

  • Kalori: 39.
  • Lemak: 3 gram.
  • Protein: 1 gram.
  • Karbohidrat: 3,5 gram.
  • Serat: 0,5 gram.
  • Kalsium: 24% dari Nilai Harian (Daily Value/DV).
  • Kalium: 4% dari DV.
  • Vitamin D: 18% dari DV.
  • Vitamin E: 110% dari DV.

Manfaat Susu Almond untuk Ibu Hamil

Beragam manfaat susu almond untuk ibu hamil meliputi:

1. Mengurangi risiko keguguran

Manfaat susu almond untuk ibu hamil didapatkan dari kandungan vitamin E yang berlimpah. Berdasarkan studi dalam Vitamin E in Health and Disease, mengkonsumsi vitamin E, termasuk dari susu almond, dapat mengurangi risiko keguguran.

Ibu hamil memiliki metabolisme yang lebih cepat serta peningkatan produksi radikal bebas dan peroksidasi lipid. Kadar vitamin E yang rendah dapat menyebabkan produksi radikal bebas yang berlebihan, sehingga menyebabkan infeksi berisiko tinggi pada kehamilan.

Kekurangan vitamin E juga dapat merusak lapisan selaput sel janin, sehingga meningkatkan risiko ketuban pecah dini. Risiko keguguran berkurang secara signifikan dengan mengonsumsi vitamin E tambahan yang didapatkan dari suplemen dan sumber lain, termasuk susu almond.

2. Membantu kesuburan

Susu almond adalah sumber vitamin E, yaitu vitamin larut lemak yang penting untuk melindungi sel-sel tubuh ibu hamil dari kerusakan akibat radikal bebas. Riset dalam Vitamin E in Health and Disease menunjukkan, vitamin E memiliki efek antioksidan dan meningkatkan respon endometrium pada wanita yang mengalami masalah kesuburan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...