Inilah Cara Menghilangkan Pusing Tanpa Konsumsi Obat Kimia

Siti Nur Aeni
14 Maret 2022, 21:12
Inilah Cara Menghilangkan Pusing Tanpa Konsumsi Obat Kimia
pixabay.com
Ilustrasi seseorang yang mengalami pusing

Bagaimana cara menghilangkan pusing? Sebagian kita pasti pernah merasakan pusing. Perlu dipahami bahwa ternyata pusing dengan sakit kepala merupakan dua hal yang berbeda.

Halodoc.com menjelasakan bahwa pusing adalah rasa sakit di kepala yang menimbulkan perasaan seperti berputar-putar dan menggangu keseimbangan tubuh. Sedangkan sakit kepala adalah sensasi berputar yang terjadi di daerah kepala. Gejala ini bisanya muncul pada penderita vertigo.  

Jika dilihat dari definisinya, pusing dan sakit kepala memang berbeda. Namun kedunya dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan bisa menggangu aktivitas yang sedang dilakukan. Tapi, tidak perlu khawatir, karena ternyata tanpa obat pun pusing bisa diatasi dengan mudah. Mengutip dari sehatq.com, berikut penjelasan lengkapnya.

Cara Menghilangkan Kepala Pusing

1. Menangani Gejala yang Ditimbulkan

Hal pertama yang bisa Anda lakukan ketika merasa pusing yaitu segera menangani gejala yang muncul. Penanganan yang bisa dilakukan yaitu dengan duduk atau berbaring dan menghindari cahaya yang terlalu terang.

Selain itu, jangan mengganti posisi secara tiba-tiba, apabila hendak berdiri pastikan berdiri secara perlahan. Kenali juga penyebab dari pusing. Biasanya pusing bisa terjadi akibat dehidrasi, maka dari itu Anda harus minum air putih sesuai dengan kebutuhan untuk menjaga cairan tubuh.

2. Gunakan Jahe

Jahe merupakan salah satu jenis rempah yang bisa digunakan untuk menghilangkan pusing, terutama yang diakibatkan oleh mabuk perjalanan. Untuk mendapatkan manfaat jahe ini, Anda bisa mencampurkannya dengan makanan, diolah menjadi minuman, atau konsumsi dalam bentuk suplemen.

3. Melakukan Gerakan Epley

Gerakan epley merupakan gerakan yang bisa dilakukan untuk menghilangkan pusing bagi penderita vertigo posisi paroksismal jinak (BPPV). Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara duduk di atas kasur, kemudian putar kepala Anda setengah ke kanan.

Setelah itu, Anda bisa berbaring di kasur selama 30 detik dengan posisi kepala memutar setengah ke kanan dan bantal berada di bawah bahu dengan kepaa tergeletak. Kemudian, putar kepala setengah kekiri tanpa menaikkan kepala selama 30 detik.

Selanjutnya, Anda bisa putar tubuh ke kiri dengan posisi masih sama, sehingga Anda berbaring pada sisi tubuh. Pertahankan posisi tersebut lama kurang lebih 30 detik. Terakhir, Anda bisa duduk di sisi kiri.

4. Akupuntur

Cara mengatasi pusing kepala lainnya yaitu dengan melakukan akupuntur tradisional. Cara ini diketahui bisa meringankan pusing terutama yang diakibatkan oleh migran.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...