7 Efek Mandi Malam yang Patut Diwaspadai

Siti Nur Aeni
13 Mei 2022, 22:43
Ilustrasi efek mandi malam hari
Pexels/Andrea Piacquadio
Ilustrasi efek mandi malam hari

Beberapa kondisi terkadang memaksa kita untuk mandi di malam hari. Misalnya, saat pulang kerja larut malam. Maka kita terpaksa untuk mandi di malam hari. Lantas, apakah ada efek mandi malam untuk kesehatan? Temukan jawabannya pada ulasan berikut ini.

Bahaya Mandi Malam Hari

Manfaat mandi malam hari sebenarnya cukup beragam. Salah satunya yaitu membuat tubuh menjadi bersih setelah seharian beraktivitas. Namun, di kondisi tertentu, mandi di malam hari bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Mengutip dari hellosehat.com, berikut sederet efek mandi malam yang penting untuk diwaspadai.

1. Meningkatkan Gejala Rematik

Rematik adalah penyakit auto imun yang memunculkan gejala seperti sendi kaku dan bengkak terutama di jari tangan atau kaki. Jika Anda memiliki rwayat penyakit ini, sebaiknya jangan mandi di malam hari.

Pasalnya, mandi malam hari dapat menyebabkan tubuh kedinginan. Berdasarkan keterangan di jurnal Reumatologia Clinica, suhu yang terlalu dingin bisa membuat gejala rematik semakin parah, terlebih pada orang yang lanjut usia.

2. Dapat Menyebabkan Asma Kambuh

Selain bisa meningkatkan gejala penyakit ramatik, efek mandi malam lainnya yaitu bisa menyebabkan asma kambuh. Perubahan suhu yang mendadak diketahui bisa memicu gangguan pada pernapasan.

Tak hanya asma, mandi di malam hari juga bisa menyebabkan penyakit pernapasan lainnya seperti sinusitis menjadi kambuh. Maka dari itu, jika Anda memiliki riwayat penyakit pernapasan, ada baiknya menghindari mandi di malam hari.  

3. Dapat Menyebabkan Bronkitis Akut

Bronkitis akut merupakan sebuah kondisi saat saluran pernapasan yang menuju ke paru-paru mengalami peradangan. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus. Namun, ada juga faktor lain yang bisa menyebabkan penyakit bronkitis akut.

Salah satu faktor tersebut yaitu suhu lingkungan yang terlalu dingin dan kering. Kondisi yang terlalu dingin ini bisa terjadi saat kita mandi di malam hari. Maka dari itu, untuk menghindari penyakit bronkitis akut, sebaiknya jangan terlalu sering mandi malam hari.

4. Dapat Menyebabkan Flu

Efek mandi malam lainnya yaitu bisa menyebabkan flu. Hal ini bisa terjadi karena virus dapat berkembang biak lebih cepat saat tubuh dingin. Teori ini telah dibuktikan dalam sejumlah penelitian yang dilakukan Yale University di tahun 2015.

Dalam penelitian tersebut dikatakan bahwa, virus yang menyerang rongga hidung bersuhu dingin lebih mudah menyebabkan influenza dibandingkan saat menginfeksi rongga hidung bersuhu hangat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...