7 Obat Flu Alami Minim Efek Samping

Image title
7 Maret 2022, 14:43
Ilustrasi seorang wanita yang menderita flu. Ada beberapa obat flu alami yang minim efek samping, yangbisa digunakan seseorang saat menderita flu.
jcomp/freepik
Ilustrasi seorang wanita yang menderita flu. Ada beberapa obat flu alami yang minim efek samping, yangbisa digunakan seseorang saat menderita flu.

Flu atau influenza bisa sangat menjengkelkan dan mengganggu aktivitas harian seseorang. Penyakit yang terjadi karena infeksi virus ini menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Penderitanya akan mengalami gejala mulai dari demam, nyeri kepala, sampai lemah dan lesu.

Mengutip biofarma.co.id, influenza disebabkan oleh virus RNA golongan Orthomyxoviridae yang mudah bermutasi dan memiliki bermacam tipe: A, B, dan C. Gejala yang ditimbulkan tipe A lebih berat dari tipe B, sementara tipe C tidak menimbulkan gejala.

Adapun gejala flu yang biasanya muncul satu hingga tiga hari setelah terkena virus, antara lain pilek, batuk, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, bersin, mata berair, sakit kepala ringan, kelelahan ringan, dan nyeri tubuh.

flu dapat menular dengan mudah melalui udara dengan perantara batuk, bersin, air liur, atau benda-benda terkontaminasi oleh batuk, bersin dan air liur. Jika dibiarkan terlalu lama, flu dapat memperparah penyakit kronis lainnya, seperti penyakit jantung dan penyakit paru. Oleh karena itu, penting untuk segera mengobati flu ketika gejalanya mulai terasa.

7 Obat Flu Alami

Mengutip Very Well Health, Healthline dan laman terkait lainnya, berikut beberapa obat flu alami yang bisa dijadikan alternatif pengobatan untuk meredakan dan mengatasi influenza:

1. Astragalus

Akar astragalus sudah lama digunakan sebagai bahan dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk memperkuat kekebalan dan mencegah flu. Tanaman ini memiliki sifat antivirus dan merangsang kekebalan tubuh, meskipun belum ada uji klinis yang meneliti efektivitas astragalus terhadap pilek di manusia.

Praktisi pengobatan tradisional Tiongkok biasanya merekomendasikan penggunaan astragalus untuk mencegah masuk angin dan menghindarinya jika Anda sudah sakit. Semangkuk sup yang direbus dengan akar astragalus sering dianjurkan sekali atau lebih per minggu selama musim dingin untuk mencegah masuk angin.

2. Bawang Putih

Selain sebagai penyedap masakan, rempah yang satu ini kerap digunakan untuk mengobati flu. Caranya pun bermacam-macam, mulai dari dicampurkan dalam sup ayam hingga membuat minuman dengan bahan dasar bawang putih mentah yang dihancurkan.

Allicin dianggap sebagai senyawa yang berperan dalam bawang putih untuk melawan flu karena sifat antibakteri dan antijamurnya. Untuk memaksimalkan jumlah allicin, bawang putih segar harus dicincang atau dihancurkan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...