Iwan Fals, Once Mekel dan Fiersa Besari Garap Soundtrack Bumi Manusia

Pingit Aria
30 Juli 2019, 15:25
Musisi Once Mekel (kiri) dan Iwan Fals (tengah) memberikan konferensi pers tentang soundtrack film Bumi Manusia di Salihara, Jakarta Selatan, Kamis (25/7/2019). Once, Iwan Fals bersama Fiersa resmi mengisi soundtrack dalam film garapan sutradara Hanung Br
ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Musisi Once Mekel (kiri) dan Iwan Fals (tengah) memberikan konferensi pers tentang soundtrack film Bumi Manusia di Salihara, Jakarta Selatan, Kamis (25/7/2019). Once, Iwan Fals bersama Fiersa resmi mengisi soundtrack dalam film garapan sutradara Hanung Bramantyo dengan lagu berjudul Ibu Pertiwi.

Musisi lintas generasi Iwan Fals, Once Mekel, dan Fiersa Besari menggarap soundtrack film Bumi Manusia. Ketiganya akan menyanyikan lagu Ibu Pertiwi karya Ismail Marzuki yang diaransemen ulang dengan sentuhan modern.

Lagu tersebut dipilih oleh sutradara Bumi Manusia, Hanung Bramantyo. Menurutnya, lagu tersebut sangat mewakili isi film yang diadaptasi dari novel karya  Pramoedya Ananta Toer tersebut.

Bagi penyanyi legendaris Iwan Fals, mendapat kesempatan untuk menyanyikan soundtrack Bumi Manusia adalah sebuah kehormatan. Iwan mengaku telah menggemari karya Pramoedya sejak lama.

Menurutnya, keteguhan Pramoedya  untuk tetap menulis selama pengasingan di Pulau Buru patut dijadikan inspirasi. “Saya bangga dipilih menyanyikan lagu untuk film Bumi Manusia,” kata Iwan Fals dalam video yang dirilis Falcon Pictures di Youtube, Minggu (28/7).

(Baca juga: Setidaknya 2 Film Indonesia Diprediksi Masuk Box Office Agustus)

Once Mekel pun menyatakan hal senada. “Saya enggak pernah membayangkan suatu saat dalam hidup bakal menjadi bagian dari karya yang berhubungan dengan penulis besar yang sudah lama saya kenal,” ujarnya.

Begitu pula Fiersa BesariDia mengaku tak perlu waktu lama untuk menerima tawaran untuk menyanyikan satu-satunya soundtrack film Bumi Manusia itu. “Enggak pikir budget-nya. Saya cukup bangga meski hanya menjadi bagian kecil dari film Bumi Manusia,” katanya.

Film Bumi Manusia yang dibintangi Iqbaal Ramadhan ini akan tayang di bioskop mulai 15 Agustus 2019. Pada hari yang sama, Falcon Pictures juga merilis film Perburuan yang juga diadopsi dari novel Pramoedya.

(Baca juga: 2 Film dari Novel Pramoedya Dirilis Agustus, Trailer Diserbu Warganet)

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...