Konstruksi Kilang Train 3 Tangguh Molor

Anggita Rezki Amelia
28 Oktober 2016, 13:23
Blok Tangguh
Katadata

Pembangunan Train 3 Tangguh di Teluk Bintuni, Papua Barat belum bisa terlaksana tahun ini. BP Indonesia sebagai operator, belum bisa memulai konstruksi proyek tersebut. Padahal awalnya BP Indonesia menargetkan bisa memulai konstruksi pada bulan ini. 

Deputi Pengendalian Operasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Muliawan mengatakan saat ini proyek Train 3 Tangguh baru tahap mobilisasi awal. Tahap ini diantaranya penyiapan personil dan peralatan dari konsorsium yang melakukan perancangan, pengadaan material dan konstruksi (EPC). Termasuk membangun tempat tinggal untuk pekerja dan pelabuhan. Konstruksinya baru dimulai awal November 2016. 

(Baca: BP Siap Mulai Konstruksi Proyek Train III Tangguh Bulan Ini)

Karena belum siap, kegiatan fisik pembangunan kilang ketiga di Proyek Tangguh ini baru bisa dimulai pada tahun depan. “Setelah camp untuk pekerja EPC dan sarana infrastruktur berupa pelabuhan untuk bongkar muat material dan alat berat selesai dibangun," kata dia kepada Katadata, Rabu (26/10). 

Pembangunannya train 3 ini terdiri dari beberapa paket pekerjaan. Pertama, paket konstruksi di darat untuk  gas alam cair. Kontraktor yang memenangkan tender proyek ini adalah konsorsium beberapa perusahaan, yakni Chiyoda, Saipem, dan Suluh Ardi. Kemudian PT Triparta Engineering and Construction sebagai pemimpin konsorsium. Nilai kontraknya mencapai US$ 2,43 miliar.

(Baca: Tangguh Jadi Proyek LNG Pertama yang Dibiayai Bank Lokal)

Kedua, proyek EPC lepas pantai, kontraktor yang memenangkan tender ini adalah Saipem Indonesia dengan nilai kontrak US$ 448 juta. Ketiga, proyek pekerjaan pipa, yang akan dikerjakan oleh kontraktor pemenang tender, PT Aksia Pertiwi, Nilai kontrak untuk pengerjaan pipa ini sebesar US$ 60 juta. 

Country Head BP Indonesia Dharmawan Samsu mengatakan pihaknya tengah melakukan persiapan untuk pengembangan proyek train 3 Tangguh. "Hingga saat ini semua persiapan masih sesuai dengan jadwal," ujarnya melalui surat elektronik kepada Katadata, Selasa (25/10).

(Baca: Putusan Final Investasi Tercapai, Kilang 3 Tangguh Siap Dibangun)

Sebelumnya pada 3 Agustus lalu, usai acara penandatanganan Perjanjian Pembiayaan Proyek LNG Tangguh Train 3, di Kantor SKK Migas, Jakarta, Samsu pernah mengatakan konstruksi proyek ini bisa dicapai Okober 2016. Selanjutnya bisa dilakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking  di kuartal IV tahun ini. Jika jadwal ini sesuai, Kilang Train III Tangguh akan mulai memproduksi gas alam cair pada 2020.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...