Dukung UMKM Saat Pandemi, Sri Mulyani Ajak Masyarakat Makan di Warteg

Agatha Olivia Victoria
19 Agustus 2020, 19:31
sri mulyani, umkm, pandemi corona
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/wsj.
Seorang warga makan di Warung Tegal (Warteg) di Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta, Senin (20/7/2020). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mendorong masyarakat membeli makan di Warteg sebagai upaya mendukung UMKM di tengah pandemi corona.

Pandemi corona telah memukul semua sektor industri terutama usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM. Oleh karena itu, pemerintah mendorong semua pihak untuk solidaritas bahu membahu membangkitkan sektor tersebut.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan salah satu cara mendukung sektor tersebut dengan sering membeli produk UMKM. "Termasuk membeli makan dari Warteg (warung tegal) yang dekat dengan rumah," kata Sri Mulyani dalam diskusi virtual, Rabu (19/8).

Selain itu, masyarakat dihimbau membeli barang jualan kerabat yang terkena pemutusan hubungan kerja. Dengan demikian, bantuan UMKM tak hanya datang dari pemerintah namun juga dari masyarakat.

Apalagi jumlah UMKM saat ini mencapai lebih dari 60 juta. Jumlah tersebut belum termasuk UMKM yang tidak masuk dalam basis data pemerintah.

"Jadi jangan berpikir hanya pemerintah yang bertanggung jawab, semua orang bisa ikut mendukung bagaimana UMKM bisa bangkit lagi," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...