Kasus Corona Naik Selama Sepekan, Masyarakat Tak Boleh Euforia Vaksin

Ameidyo Daud Nasution
20 April 2021, 20:00
covid-19, vaksin, satgas covid-19, virus corona
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito berpose usai memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Wiku pada konferensi pers, Selasa (20/4) meminta masyarakat tak lengah lantaran kasus corona mulai meningkat lagi.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengingatkan masyarakat tidak terlalu euforia jika telah menjalani vaksinasi. Hal tersebut lantaran kasus corona mulai meningkat lagi dalam sepekan terakhir.

Dari data terbaru, kasus corona mingguan per 18 April 2021 meningkat 14,1 persen. Padahal pekan lalu, kasus positif telah turun sebanyak 14 persen. Oleh sebab itu, Satgas meminta masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

“Bisa terjadi karena dampak libur Paskah 4 April 2021 dan turunnya kepatuhan protokol kesehatan yang mungkin karena euforia vaksinasi,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito, Selasa (20/4) dikutip dari Antara.

Dia mengatakan masyarakat perlu mendapatkan edukasi bahwa vaksinasi tidak menghilangkan potensi terkena Covid-19. Suntikan vaksin hanya mengurangi risiko dan keparahan akibat infeksi corona.

“Penting bagi masyarakat memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan,” katanya.

Dari data Satgas, kenaikan tertinggi kasus corona pekan ini berada di Jawa Barat yakni 2.276 kasus. Jawa Tengah 1.203 kasus, Riau dan DKI Jakarta yang sama-sama mencatatkan 346 kasus, dan Nusa Tenggara Timur yakni 266 kasus.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...