Manfaat Tumbuhan Bagi Lingkungan Sekitarnya yang Perlu Diketahui

Siti Nur Aeni
22 Desember 2021, 11:32
9 Manfaat Tumbuhan Bagi Lingkungan Sekitarnya yang Perlu Diketahui
123rf.com/malp
Ilustrasi tumbuhan yang menyerap karbon dioksida

Manfaat tumbuhan bagi lingkungan sekitarnya sangat banyak. Lingkungan merupakan segala sesuatu yang ada disekitar manusia yang bisa mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia secara langsung maupun tidak langsung.

Lingkungan terbagi menjadi abiotik dan biotik. Tumbuhan menjadi salah satu penyusun lingkngan biotik. Kehadiran tumbuhan terbukti mampu menstabilkan kondisi lingkungan tersebut. Tumbuhan menjadi penyeimbang bagi kelestarian ekosistem.

Sebagai bagian dari penyusun lingkungan, tumbuhan memberikan banyak dampak positif. Berikut ini penjelasan tentang manfaat tumbuh untuk lingkungan.

1. Memelihara Kestabilan Iklim

Manfaat tumbuhan bagi lingkungan sekitarnya yang pertama yaitu untuk menstabilkan kondisi iklim. Tumbuhan diketahui mampu menyerap karbon dioksida yang merupakan gas rumah kaca. Karbon dioksida ini bisa menyebabkan perubahan iklim yang drastis.

Tumbuhan dapat membantu penyeraoan karbon dioksida dan mengubahnya menjadi oksigen melalui proses fotosintesis. Oksigen inilah yang dapat digunakan bagi makhluk hidup lain seperti manusia dan hewan. Selain itu, oksigen juga membuat udara lebih segar dan iklim tetap terjaga dengan baik.

2. Mengatasi Polusi Udara

Polusi udara menjadi masalah yang hampir terjadi diberbagai daerah terutama perkotaan yang banyak industri dan kendaraan bermotor. Jika dibiarkan polusi dapat memggangu kesehatan makhluk dan merusak lingkungan.

Tumbuhan diketahui bisa menyerap polutan dan membuat kualitas udara lebih sehat. Maka dari itu, sangat penting untuk menyediakan ruang terbuka hijau agar polusi udara dapat berkurang.

3. Mencegah Polusi Air

Selain bisa mengatasi polusi udara, kehadiran tumbuhan juga bisa mencegah polusi air. Mengutip dari sehatq.com, diketahui saat hujan lebat air yang turun membawa polutan berupa fosfor dan nitrogen.

Jika tidak ada tumbuhan, maka polutan tersebut akan langsung masuk ke laut atau sumber air lainnya. Namun saat banyak pohon di permukaan tanah, maka air akan terlebih dahulu diserap oleh tanaman tersebut dan disaring sebelum akhirnya meresap ke tanah.

Dengan demikian, kualitas air menjadi lebih sehat dan tidak berbahaya bagi makhluk hidup maupun lingkungan.

4. Mengatur Siklus Air

Air merupakan subtansi kimia yang berperan penting bagi kehidupan dan lingkungan. Tumbuhan berperan penting dalam menjaga siklus air. Tanaman bisa menyerap air kemudian diolah menjadi uap air melalui proses transpirasi. Dari proses tersebut, maka kelembapan udara tetap terjaga.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...