Cara Memberitahu Anak Soal Pentingnya Vaksinasi Covid-19

Arofatin Maulina Ulfa
26 Desember 2021, 10:00
Petugas Kesehatan menegakan topeng super hero melakukan registrasi sebelum menyuntikkan vaksin covid-19 untuk anak-anak usia 6-11 tahun di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Tambak, Jakarta, Rabu (22/12/2021). Upaya tersebut dilakukan pihak rumah sakit untuk
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Petugas Kesehatan menegakan topeng super hero melakukan registrasi sebelum menyuntikkan vaksin covid-19 untuk anak-anak usia 6-11 tahun di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Tambak, Jakarta, Rabu (22/12/2021).

Pandemi corona menempatkan anak-anak dalam resiko penularan yang mengkhawatirkan. Guna menghindari hal ini, anak-anak harus bersekolah di rumah hingga menghindari tempat-tempat umum seperti restoran hingga taman bermain.

Kabar baiknya, di akhir 2021, vaksin Covid-19 telah tersedia untuk anak-anak usia 6-11 tahun. Hal ini mendorong para orang tua untuk segera mempersiapkan putra putri mereka mendapatkan suntikan dosis pertama.

Selain merencanakan pendaftaran dan jadwal vaksinasi, orang tua dapat memulai mempersiapkan mental anak. Mary Rumple, Spesialis Kehidupan Anak dari University of Michigan Health CS Mott Children mengatakan, sebaiknya orang tua memberi tahu anak-anak mereka terkait vaksinasi Covid-19.

Menurutnya, orang tua adalah pihak yang paling mengenal anak mereka dan memberitahu tentang vaksinasi merupakan langkah untuk menghindari reaksi negatif. Mary membagikan beberapa tips tentang cara mempersiapkan anak agar mau melakukan vaksinasi Covid-19.

1. Bertanya kepada Anak tentang Vaksin Covid-19

Mulailah percakapan dengan pertanyaan karena anak Anda mungkin tidak menunjukkan pemikiran atau perasaan mereka secara terang-terangan. Hal ini dapat menjadi kesempatan bagi orang tua untuk mendengarkan hal yang mungkin sudah diketahui anak tentang vaksinasi. 

Pastikan ketika memulai percakapan, Anda memiliki cukup waktu dan ruang yang nyaman bersama anak. Waktu menjadi sangat penting dalam membantu anak memproses informasi ini. 

Jadi, pastikan Anda memiliki waktu dan kesabaran untuk mendengarkan perasaan anak. Hindari mengangkat topik yang sulit dimengerti dan jangan menghakimi. “Validasi perasaan dan buat rencana agar anak Anda merasa didukung,” kata Mary.

2. Memberi Tahu Anak tentang Detail Pelaksanaan Vaksinasi

Jelaskan secara rinci tentang apa yang akan terjadi dan kemana anak akan pergi. Hal ini ditujukan agar anak dapat memvisualisasikan pengalaman sebelumnya. Pikirkan tentang apa yang akan mereka lihat, dengar, dan rasakan.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...