15 Daftar Danau Terbesar di Dunia

Dwi Latifatul Fajri
4 Februari 2022, 13:37
Danau Terbesar di Dunia
safarisafricana.com
Nama Danau Terbesar Di Dunia

Danau terbesar di dunia adalah danau Kaspia yang berada di Eropa dan Asia. Beberapa negara yang dilewati danau Kaspia ini adalah Kazakhstan, Rusia, Turkmenistan, Azerbaijan, dan Iran.

Air danau Kaspia ini berasal dari sungai seperti sungai Ural, Terek, Volga, dan Kura. Danau Kaspia dikenal juga sebagai laut Kaspia karena ukurannya yang besar.

Luas danau sekitar 371.000 kilometer (Km) persegi sehingga bisa menampung air sebanyak 78.200 Km kubik. Titik terdalam danau Kaspia mencapai 1.025 meter dan masuk urutan ketiga sebagai danau terdalam di dunia.

Urutan pertama danau terdalam di dunia adalah danau Baikal di Rusia. Kedalaman danau mencapai 1.620 meter. Di urutan kedua danau terdalam di dunia adalah danau Tanganyika, Afrika. Kedalaman danau mencapai 1.436 meter.

Urutan Danau Terbesar Di Dunia

1. Danau Kaspia

Danau Kaspia
Danau Kaspia (safarisafricana.com)

Mengutip dari gramedia.com, danau Kaspia telah terbentuk selama 5,5 juta tahun yang lalu. Danau ini memiliki air asin raksasa yang ukurannya hampir sama dengan negara Jepang.

Memiliki volume air sebesar 78.200 km kubik, volume air yang ditampung danau Kaspia setara dengan 3,5 kali lipat gabungan dari 5 danau terbesar di dunia.

2. Danau Superior

Danau Superior berada di antara Kanada dan Amerika Serikat. Danau Superior merupakan danau air tawar terbesar di dunia. Luas danau mencapai 82.414 km persegi, panjang 560 km, dan lebar 257 km.

Danau ini memiliki kedalaman sekitar 149 meter dan kedalaman maksimal mencapai 406 meter. Danau Superior menampung air sebanyak 12.232 km kubik.

Danau ini melewati negara bagian Amerika seperti Minnesota, Michigan, dan Wisconsin. Di Kanada, danau Superior melewati provinsi Ontario.

3. Danau Victoria

Danau Victoria berada di benua Afrika melewati 3 negara yaitu Uganda, Kenya, dan Tanzania. Luas danau mencapai 68.870 km persegi dan panjangnya sekitar 322 km.

Danau Victoria berada di urutan ketiga danau terbesar di dunia. Nama danau berasa dari Ratu Victoria, kerajaan Inggris di abad ke 19.

Berada di Afrika, danau Victoria digunakan untuk kebutuhan berbagai jenis satwa. Beberapa hewan khas Afrika seperti kuda nil, berang-berang, tikus, dan berang-berang raksasa tinggal di danau ini.

4. Danau Huron

Danau Huron memiliki luas sekitar 82.100 km persegi dan panjang 332 km. Danau ini terletak di Kanada dan Amerika Serikat. Danau Huron termasuk danau besar di Amerika Utara.

Nama Huron diambil dari nama masyarakat lokal yang dahulu tinggal di dekat danau. Danau Huron adalah danau air tawar ketiga terbesar di dunia.

5. Danau Michigan

Danau Michigan
Danau Michigan (safarisafricana.com)

Danau Michiga memiliki luas 58.000 km persegi dan panjang 494 km. Danau ini berada di Amerika Serikat. Danau ini melewati negara bagian Amerika Serikat seperti Wisconsin, Illinois, Indiana, dan Michigan.

Danau Michigan dikenal dengan pelabuhan Chicago di Amerika Serikat. Danau ini awalnya terbentuk dari pergerakan glasial dan terhubung dengan laut, melalui kanal buatan.

6. Danau Tanganyika

Danau Tanganyika luasnya mencapai 32.600 km persegi dan panjang 676 km. Danau ini melewati negara di benua Afrika seperti Zambia, Tanzania, Burundi, dan Republik Demokrat Kongo.

Danau Tanganyika masuk dalam danau terdalam kedua di dunia. Kedalaman danau ini sekitar 1.436 meter.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...