Kecepatan Adalah Konsep Perpindahan, Berikut Penjelasannya

Image title
11 Februari 2022, 14:42
Sejumlah pesepeda memacu kecepatan saat berlangsungnya uji coba pemberlakuan lintasan road bike di jalan layang non tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang, Jakarta, Minggu (23/5/2021). Kecepatan adalah konsep yang berkaitan dengan perpindahan besar dalam w
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Sejumlah pesepeda memacu kecepatan saat berlangsungnya uji coba pemberlakuan lintasan road bike di jalan layang non tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang, Jakarta, Minggu (23/5/2021).

Dalam berkendara, sebagian orang cukup memperhatikan tingkat kecepatan perjalanannya. Selain untuk memastikan keamanan, juga untuk mengukur waktu tempuh perjalanan.

Namun, tidak banyak yang tahu makna dan definisi dari kecepatan itu sendiri. Secara sederhana kecepatan adalah salah satu perhitungan dalam fisika. Kecepatan adalah situasi yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Kecepatan memiliki rumus tersendiri dalam proses menghitungnya. Dari rumus tersebut, seseorang dapat dengan mudah mengetahui atau membandingkan pergerakan atau waktu tempuh untuk jalur perjalanan yang sama.

Dalam istilah fisika, dikenal istilah kecepatan adalah gambaran tentang seberapa cepat atau lambat suatu benda bergerak. Kecepatan adalah konsep yang berkaitan dengan perpindahan besar dalam waktu singkat.

Kecepatan adalah bentuk dari besaran vektor yang mengacu pada laju di mana suatu benda mengubah posisinya. Kecepatan adalah kecepatan gerak atau tindakan. Dalam fisika, kecepatan adalah mengacu pada pengukuran laju dan arah perubahan posisi suatu benda.

Pengertian Kecepatan Berdasarkan Sudut Pandang Ilmu Fisika

Dalam ilmu fisika, kecepatan adalah suatu besaran yang menunjukkan kecepatan benda ditambah arah geraknya. Seperti perpindahan, kecepatan adalah arah. Kecepatan adalah kecepatan dalam arah tertentu, dan biasanya diukur dalam meter per detik (m/s atau ms 1 ).

Selain itu, makna kecepatan dapat dikaitkan dengan definisi sebagai laju perubahan posisi benda terhadap kerangka acuan dan waktu. Satuan SI dari kecepatan adalah meter per detik (ms -1 ). Jika ada perubahan besar atau arah kecepatan suatu benda, benda tersebut dikatakan mengalami percepatan.

Kecepatan juga memiliki perpindahan besar dalam waktu singkat berarti kecepatan besar dan kecepatan itu memiliki satuan jarak dibagi waktu, seperti mil per jam atau kilometer per jam. Kecepatan rata-rata didefinisikan sebagai perubahan posisi dibagi waktu tempuh.

Perbedaan Kecepatan dan Kelajuan

Meski secara kasat mata, perpindahan kelajuan dan kecepatan adalah upaya penggantian jarak dengan perpindahan. Perpindahan adalah jarak yang ditempuh dalam arah tertentu, atau perubahan posisi benda. Ukuran satuannya bisa meter. Untuk mengubah jarak menjadi perpindahan, seseorang harus memberikan arah.

Secara makna, kelajuan adalah bentuk laju perubahan geraka yaitu jarak yang ditempuh oleh benda dalam waktu tertentu tanpa memperhitungkan arah. Sementara kecepatan adalah besaran vektor yang menunjukkan seberapa cepat benda berpindah.

Kecepatan pada dasarnya melaju ke arah tertentu. Kecepatan adalah besaran vektor, yang berarti membutuhkan besaran (kecepatan) dan arah untuk menentukan kecepatan.

Kelajuan adalah ukuran kuantitatif seberapa cepat sesuatu bergerak. Sementara kecepatan menentukan arah gerakan tubuh atau objek. Kelajuan adalah laju perubahan jarak. Sementara kecepatan adalah laju perubahan perpindahan.

Cara Menghitung Kecepatan Sesaat

Kecepatan sesaat adalah suatu kecepatan benda yang bergerak pada titik waktu tertentu. Jika benda memiliki kecepatan seragam maka kecepatan sesaat mungkin sama dengan kecepatan standarnya.

Kecepatan sesaat ditentukan sangat mirip dengan kecepatan rata-rata, tetapi di sini periode waktu dipersempit. Berikut rumus dan cara menghitungnya:

Vsesaat = Δx/Δt

Keterangan:

Δx : perpindahan (m)

Δt : interval waktu (s)

Contohnya:

Jika perpindahan partikel bervariasi terhadap waktu dan diberikan sebagai (6t 2 + 2t + 4) m, diketahui t = 5. Kecepatan sesaat dapat ditemukan pada waktu tertentu dengan:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...