Sudah Dibahas dengan Jokowi, Kapan Megawati Umumkan Nama Capresnya?

Ade Rosman
9 Januari 2023, 20:08
Sudah Dibahas dengan Jokowi, Kapan Megawati Umumkan Nama Capresnya?
Antara
Presiden Joko Widodo saat bertemu Megawati Soekarnoputri di Istana Batutulis, Bogor, Sabtu (8/10). Foto: Antara.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengaku Megawati Soekarnoputri telah berbicara dengan Presiden Joko Widodo, terkait sosok bakal calon presiden (capres) yang akan diusung partai banteng itu pada Pemilu 2024 mendatang.

"Ya tentu saja (dibicarakan dengan Jokowi)," kata Hasto kepada wartawan, di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (9/1).

Apalagi, tambah Hasto, hal yang dibicarakan menyangkut estafet keberlanjutan kepemimpinan, antara Bung Karno, Megawati Soekarnoputri, Jokowi, dan calon presiden yang merupakan satu kesatuan.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengatakan, Megawati telah mengantongi nama bakal capres yang akan diusung nantinya.

"Ibu ketum sudah punya nama yang dikantongnya. Tinggal diumumkan. Jadi gak usah tengok kiri-kanan, gak usah bingung, harus si ini-harus si itu, kayaknya si ini dan si itu," kata Puan, saat membuka acara bimbingan teknis anggota DPRD PDIP tingkat Provinsi dan Kabupaten/kota se-Indonesia, di Hotel Paragon, Jakarta Pusat, Senin (9/1).

Senada dengan Puan, Hasto membenarkan perkataan Puan tersebut. Akan tetapi, ia mengatakan Megawati akan mengumumkan nama ketika momentumnya sudah tepat.

"Ibu Mega juga sudah mengambil pertimbangan-pertimbangan yang cukup matang, dan dari apa yang disampaikan mbak Puan. Artinya seluruh jajaran partai tinggal menunggu momentum yang tepat kapan Bu Megawati akan mengumumkan," kata Hasto.

Lebih jauh, Hasto mencontohkan tradisi di PDIP seperti pada 2014 lalu, di mana sebelum Pilkada serentak, Megawati biasanya berkontemplasi. Sehingga, tambah Hasto, ketika diumumkan suasana kebatinan menyatu dengan harapan rakyat. 

Reporter: Ade Rosman
Editor: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...