Dukung Anies Baswedan Capres, AHY Optimistis Suara Demokrat Solid

Ade Rosman
2 Maret 2023, 13:31
Anies Baswedan
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nym.
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) berjalan bersama Gubernur DKI Jakarta yang juga calon presiden dari Partai Nasdem Anies Baswedan kedua (kiri) saat akan melakukan pertemuan di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Jumat (7/10/2022).

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) optimistis dukungan penuh partainya akan membawa kemenangan untuk Anies Baswedan. Ia mengatakan, kader Demokrat dari seluruh lapisan menyatakan kesiapan untuk mensuksekan pencalonan Anies pada pemilihan presiden 2024. 

"Kami dukung Bapak Anies Baswedan sehingga bisa memimpin perubahan dan perbaikan di negeri kita," kata AHY di hadapan kader saat menyambut kedatangan Anies di Kantor DPP Demokrat, Jakarta, Kamis (2/3). 

Dalam pidato sambutan, AHY mengajak kader partainya untuk menyatukan energi dan semangat agar bisa memenangkan pilpres 2024. Anies yang tiba sekitar pukul 10.18 WIB ketika gerimis mengguyur lokasi mengaku kaget karena sambutan dari partai Demokrat yang dianggapnya begitu banyak.

"Kami akan memulai sebuah perjalanan panjang, membutuhkan stamina, membutuhkan kesiapan, membutuhkan ketangguhan, dan Insyaallah menyaksikan yang hadir di sini kami optimis bisa melewati ini semua," kata Anies.

Saat ini Anies telah mengantongi tiket untuk maju dalam pemilihan presiden 2024. Anies tela mendapat dukungan dari Partai Demokrat, Partai Nasional Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera. Bila ditotal, ketiga partai telah memenuhi lebih dari 20 persen kursi DPR dan 25 persen suara pada pemilu 2019 sebagai syarat untuk bisa mencalonkan figur pada pilpres. 

Di sisi lain, meski telah mendapat dukungan dari ketiga partai, namun Demokrat, PKS dan Nasdem masih belum mendeklarasikan dukungan secara bersama. Ketiga partai sebelumnya berencana untuk mendeklarasikan dukungan serentak paling lama Maret 2023 sebelum pelaksanaan puasa Ramadan. 

Selain itu Anies masih menyiapkan figur calon wakil presiden yang akan diusung. Ketiga partai pendukung telah menyerahkan penentuan calon wakil presiden pada Anies Baswedan.

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...