Jokowi Soroti Korupsi Proyek Kereta Api, Singgung Soal Pengawasan

Andi M. Arief
13 April 2023, 15:01
jokowi, korupsi, kereta
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat meresmikan operasi KA Makassar Parepare di Maros, Sulsel, Rabu (29/3). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo angkat bicara soal kasus dugaan korupsi proyek Kereta Api Trans Sulawesi. Kepala Negara mengakui kasus tersebut terjadi karena kesalahan pemerintah.

Jokowi mengatakan pemerintah saat ini memiliki ribuan proyek konstruksi infrastruktur. Menurutnya, penyelewengan berpotensi terjadi pada beberapa proyek tersebut.

"Kami ini hampir tiap hari ke lapangan, memeriksa ke lapangan. Itu pun masih ada masalah, apalagi tidak," kata Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Kamis (13/4).

Jokowi baru meresmikan kereta tersebut pada 28 Maret 2023. Kepala Negara sempat meninjau Depo Sarana Kereta Api di Maros dan sempat mencoba kereta api tersebut.

Sedangkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah meminta maaf atas kasus terseb8ut. Pasalnya, kasus dugaan korupsi tersebut menyeret pegawai Kementerian Perhubungan.

Budi akan menyerahkan seluruh proses hukum kepada pihak berwenang. Selain itu, ia siap mendukung Komisi Pemberantasan Korupsi untuk mengusut kasus tersebut.

Budi mengatakan tidak ada toleransi tindakan yang bertentangan dengan upaya pemberantasan korupsi. Di samping itu, Budi berencana melakukan seluruh proyek yang dilakukan Kementerian Perhubungan.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...