Wali Kota Bandung Yana Mulyana Terjaring OTT KPK

Syahrizal Sidik
15 April 2023, 09:53
Wali Kota Bandung Yana Mulyana Terjaring OTT KPK
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengendarai bus Trans Metro Bandung (TMB).

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Kota Bandung, Jawa Barat pada Jumat (14/4).

Seperti dikutip dari Antara, Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK Ali Fikri mengungkapkan, sejumlah orang dilaporkan terjaring dalam operasi tersebut, salah satunya adalah Wali Kota Bandung Yana Mulyana. 

KPK menyebut, OTT tersebut dilakukan diduga terkait suap pengadaan barang berupa CCTV dan jasa penyedia jaringan internet di wilayah Kota Bandung. 

Sejumlah orang yang diamankan tersebut telah dibawa ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut di Gedung KPK. 

KPK juga mendalami keterangan dari sejumlah pihak yang diamankan dalam kurun waktu 1X24 jam sebelum komisi antirasuah menentukan statusnya. 

Sebagaimana diketahui, Yana Mulyana menjabat sebagai Wali Kota Bandung sejak 18 April 2022 menggantikan Oded Muhammad Danial.

Oded meninggal dunia pada 2021 kemudian Yana, yang menjabat sebagai Wakil Wali Kota Bandung ditetapkan sebagai pelaksana tugas Wali Kota sejak 10 Desember 2021 hingga April 2022. 

Sebelum menjadi Wali Kota Bandung, politisi dari Partai Gerindra ini merupakan pengusaha yang berbisnis radio dan memimpin organisasi ketua PSSI Kota Bandung dan REI Jawa Barat. 

Lulusan 2-1 Fakultas Ekonomi UIN Bandung ini juga tercatat sebagai Ketua HIPMI Jaabar dan Sekretaris Dewan Pertimbangan Kadin Jabar. 

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...