One Way Tol Cipali-Kalikangkung Semarang Dimulai, Ini Aturannya

Tia Dwitiani Komalasari
18 April 2023, 14:18
Foto udara kendaraan melintas di Jalan Tol Pejagan -Pemalang di pintu masuk Tol Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Kamis (13/4/2023). Kementerian Perhubungan akan menerpakan sistem satu arah (one way) saat arus mudik 2023 pada 18 - 21 April 2023 mula
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/tom.
Foto udara kendaraan melintas di Jalan Tol Pejagan -Pemalang di pintu masuk Tol Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Kamis (13/4/2023). Kementerian Perhubungan akan menerpakan sistem satu arah (one way) saat arus mudik 2023 pada 18 - 21 April 2023 mulai dari km 72 (Cikampek) hingga km 414 (Gerbang Tol Kalikangkung).

Korlantas Polri telah melakukan pembersihan jalur tol untuk persiapan one way di Km 72 Tol Cipali sampai dengan km 414 gerbang tol Kalikangkung. Pelaksaaan one way atau satu arah bisa bersifat situasional sesuai dengan diskresi kepolisian.

"Pukul 12.30 WIB sampai dengan pukul 14.30 WIB sedang dilakukan pembersihan jalur untuk persiapan one way di Km 72 Tol Cipali sampai dengan km 414 gerbang tol Kalikangkung," dikutip dari Instagram NTMC Polri, Selasa (18/4).

Sementara itu, Kepala Bagian Operasi Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Junaedi mengatakan pemberlakuan rekayasa lalu lintas sistem satu arah atau one way di Tol Cipali hingga Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang dilakukan mulai pukul 14.30 WIB, Selasa (18/4). Rekayasa itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan arus mudik yang di ruas jalan tol.

"Cara bertindak one way akan dibuka pada pukul 14.30 WIB," kata Eddy di Jakarta, Selasa (18/4).

Arus Meningkat 30 Persen

Polri mencatat terjadi peningkatan arus pemudik di ruas jalan tol mengarah ke Timur sebesar 30 persen  sejak Senin (17/4) malam. Sementara peningkatan arus lalu lintas ke arah barat atau penyeberangan sebesar 20 persen.

Menurut Eddy, diskresi melaksanakan rekayasa lalu lintas sistem satu arah dilakukan berdasarkan hasil perhitungan jumlah volume kendaraan dengan kapasitas jalan  atau volume capacity ration.  Namun demikian, contra flow belum dilakukan.

"Contra flow belum dilakukan karena pertimbangan VCR masih rendah dan arus lalu lintas masih terkendali," ujar Eddy.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...