PPP Resmi Dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, Segera Temui Megawati

Ade Rosman
26 April 2023, 16:34
PPP
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono (kiri) bersama Sekjen PPP Arwani (kanan) menunjukkan nomor urut 17 saat penetapan nomor urut partai politik peserta Pemilu 2024 di Halaman KPU, Jakarta, Rabu (14/12/2022).

Partai Persatuan Pembangunan atau PPP secara resmi mendeklarasikan dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024. Pelaksana Tugas Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono mengungkapkan keputusan tersebut didapatkan berdasarkan hasil rapat pimpinan nasional (Rapimnas) V yang dilaksanakan di Yogyakarta.

"Dengan mengucapkan bismillahirahmanirahim, Partai Persatuan Pembangunan memutuskan Bapak Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden Republik Indonesia," kata Mardiono dalam Konferensi pers di Yogyakarta, disiarkan langsung dalam kanal YouTube Petiga TV, Rabu (26/4).

Mardiono mengatakan sebelum mengambil keputusan PPP telah menggelar rapat internal selama dua hari berturut-turut. Seluruh elemen partai berdiskusi mengenai arah politik partai berlambang ka’bah itu pada pemilu dan pemilihan presiden 2024. 

Selain dengan pengurus harian, juga digelar pertemuan dengan pimpinan majelis. Pada kesempatan tersebut, Mardiono menyatakan PPP berjuang dengan sungguh-sungguh untuk memenangkan Pemilu 2024.

Meski telah menyatakan dukungan pada calon presiden yang diusung PDIP tersebut, Mardiono mengungkapkan PPP mendorong agar PPP bisa berperan lebih besar dalam pilpres. Ia berharap Ganjar bisa memilih calon wakil presiden dari kader PPP.

"Ini saya tekankan, karena ini adalah amanat dari hasil rapat konstitusi PPP,” kata Mardiono.

Menurut Mardiono keputusan mendukung Ganjar merupakan hal realistis. Ia menyebut Hamzah Haz yang merupakan kader PPP juga pernah mendampingi Megawati Soekarnoputri sebagai wakil presiden.

Usai resmi menyatakan dukungan untuk Ganjar, PPP kata Mardiono akan bertemu dengan Megawati. Selain menyerahkan dukungan resmi, ia akan berkomunikasi arah komunikasi lanjutan untuk menghadapi pemilu dan pilpres 2024. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...