5 Alasan PPP Mantap Dukung Pencapresan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Ade Rosman
26 April 2023, 18:29
PPP dukung Ganjar
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/tom.
Plt Ketua Umum DPP PPP Muhamad Mardiono (keempat kiri) didampingi Ketua Majelis Pertimbangan PPP Romahurmuziy (kedua kiri) menyampaikan keputusan Rapat Pimpinan Nasional PPP di Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (26/4/2023).

Partai Persatuan Pembangunan atau PPP secara resmi mendeklarasikan dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maju dalam pemilihan presiden 2024. Ganjar saat ini telah resmi diusung sebagai capres oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). 

Kepastian dukungan untuk Ganjar disampaikan langsung oleh Pelaksana tugas Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono, dalam konferensi pers di Yogyakarta, Rabu (26/4). Menurut Mardiono keputusan itu telah disepakati dalam rapat pimpinan nasional PPP yang berlangsung selama dua hari. 

Mardiono mengatakan terdapat lima alasan yang membuat PPP mantap mendukung Ganjar. Suara bulat diterima Ganjar dari pengurus PPP dari berbagai wilayah di Indonesia. Selain dari kesepakatan rapimnas, nama Ganjar juga telah disuarakan oleh pengurus daerah hingga cabang. 

Berikut lima alasan PPP mantap mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Melanjutkan Dukungan pada Ganjar

Mardiono mengatakan dukungan untuk Ganjar bukan kali ini saja diberikan. Sebelumnya PPP telah memberikan dukungan pada Ganjar pada saat maju dalam Pilkada  Jawa Tengah pada 2018. Saat itu Ganjar berhasil terpilih menjadi gubernur pada periode kedua.

"PPP telah menghantarkan beliau menjadi Gubernur Jawa Tengah yang berpasangan dengan kader Partai Persatuan Pembangunan Taj Yasin," kata Mardiono.

Menitipkan Politik Religius

Mardiono mengatakan, PPP ingin menitipkan politik amar ma'ruf nahi mungkar pada Ganjar. Keinginan itu diharapkan bisa diimplementasikan dalam tatanan politik pemerintahan negara di masa mendatang. 

Ia meyakini, Ganjar yang berasal dari keluarga Nahdlatul Ulama (NU) memiliki visi yang hampir sama dengan PPP. Mardiono mengatakan PPP berkeyakinan Ganjar bisa mewujudkan negara yang kuat dan rakyat sejahtera lahir dan batin.

"Semoga Indonesia yang didambakan oleh umat dan pendiri bangsa ini dapat menjadi negeri baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.” kata Mardiono.

Kapasitas Ganjar 

Mardiono mengatakan, PPP menilai kapasitas integritas dan akseptabilitas Ganjar sangat layak untuk menjadi presiden Indonesia mendatang. Sebelum menjadi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang telah berkiprah di Senayan. 

Selain itu Mardiono mengatakan elektabilitas Ganjar berdasarkan sejumlah lembaga survei selalu berada di urutan tiga besar. Besarnya suara Ganjar menunjukkan adanya kepercayaan publik pada kader PDIP itu. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...