Megawati Jamu PPP pada Minggu Bahas Koalisi Dukung Ganjar di Pilpres

Ade Rosman
28 April 2023, 14:15
Plt Ketua Umum DPP PPP Muhamad Mardiono (keempat kiri) didampingi Ketua Majelis Pertimbangan PPP Romahurmuziy (kedua kiri) menyampaikan keputusan Rapat Pimpinan Nasional PPP di Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (26/4/2023). PPP mendeklarasikan dukungannya kepad
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/tom.
Plt Ketua Umum DPP PPP Muhamad Mardiono (keempat kiri) didampingi Ketua Majelis Pertimbangan PPP Romahurmuziy (kedua kiri) menyampaikan keputusan Rapat Pimpinan Nasional PPP di Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (26/4/2023). PPP mendeklarasikan dukungannya kepada bakal calon presiden dari PDI Perjuangan yakni Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024.

Partai Demokrasi Indonesia Pejuangan (PDIP) akan menjamu Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Minggu (30/4) mendatang. Rencananya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan menerima langsung kedatangan Pelaksana tugas Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono beserta jajaran di markas partai berlogo banteng tersebut.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan, pertemuan dilakukan sebagai respons dukungan yang telah diberikan PPP terhadap pencalonan Ganjar Pranowo. Pertemuan rencananya berlangsung pada Minggu (30/4), pukul 14.00 WIB.

"Pak Mardiono bersama jajaran pengurus PPP akan kami terima di kantor DPP PDI Perjuangan. Komunikasi via telepon sudah dilakukan, " ujar Hasto.

Lebih jauh ia mengatakan  pertemuan akan menjadi momen untuk mengukuhkan kerjasama politik menjelang pemilihan presiden.  Hasto menilai PDIP dan PPP punya banyak alasan untuk kembali membangun kerja sama politik.

Hasto meyakini, PDIP dapat bekerja sama dengan PPP. Menurut Hasto kedua partai memiliki kesamaan historis karena sama-sama menjadi partai yang tertindas ketika masa Orde Baru.

"Sehingga diyakini kerjasama dengan PPP sangat positif, dan semakin memperkuat energi kemenangan Pilpres 2024," kata Hasto. 

Sementara itu, ditemui terpisah usai melakukan pertemuan dengan Ketua Umum parpol yang tergabung dalam KIB di kediaman Airlangga Hartarto, Mardiono mengungkapkan PPP juga akan menemui Ganjar Pranowo. PPP ingin berkomunikasi langsung dengan sosok yang telah diusung menjadi capres.

“Saya harus ke PDIP dulu ketemu dengan ketum ibu Megawati Soekarnoputri kemudian setelah itu saya harus ketemu dengan pak Ganjar,” kata Mardiono, Kamis (27/4).

Setelah pertemuan dengan PDIP dan Ganjar dilakukan, Mardiono mengatakan dirinya akan mengagendakan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo. Pertemuan dilakukan dalam kapasitas Mardiono sebagai ketua umum Partai dan bukan sebagai tim pemerintah Jokowi.

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...