Hotel Ayana Labuan Bajo Jadi Lokasi Makan Malam Kepala Negara ASEAN

Tia Dwitiani Komalasari
3 Mei 2023, 05:44
Hotel Ayana melakukan sejumlah persiapan untuk menjadi lokasi makan malam kepala negara dan tamu KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, NTT, Selasa (2/5).
Katadata
Hotel Ayana melakukan sejumlah persiapan untuk menjadi lokasi makan malam kepala negara dan tamu KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, NTT, Selasa (2/5).

Sekitar 300 tamu delegasi KTT ASEAN 2023 termasuk kepala negara akan dijamu Presiden Joko Widodo dalam welcoming dinner dan retreat session di Hotel Ayana, Labuan Bajo pada 10 Mei 2023. Welcoming dinner akan dihadiri oleh para kepala negara ASEAN dan tamu delegasi, usai pertemuan di Hotel Meruorah Labuan Bajo.

"Selain menjadi tempat menginap, Hotel Ayana ini menjadi tempat welcoming dinner," kata Sekretaris Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Sumiati di Hotel Ayana, Labuan Bajo, Selasa (3/5).

Ratusan tamu tersebut  akan menikmati menu khas Indonesi di venue yang sementara disiapkan dengan latar laut belakang hotel tersebut.

Penanggung jawab venue, Hadi, mengatakan para kepala negara nantinya akan melewati jalur yang telah dibentangi karpet merah menuju ke lantai dua dari lantai 11 hotel tersebut. Sedangkan para menteri luar negeri dan tamu undangan lain akan belok kanan menggunakan lift yang terpisah dari para kepala negara yang hadir.

Acara makan malam itu berlangsung di lantai dua Hotel Ayana Labuan Bajo yang berada di dekat kolam renang, tepat di pinggir pantai. Nantinya ada panggung yang terbangun dari atas laut untuk pertunjukan tari dan seni bagi para tamu yang hadir.

"Nanti ada sejumlah pertunjukan yang diatur oleh mas Tama (Wishnutama)," ujarnya.

Morning Tea Ibu Negara

Sementara itu, sebanyak lima Ibu Negara yang menjadi pasangan dari kepala negara ASEAN terkonfirmasi mengikuti Spouse Program pada 10 Mei 2023 di Puncak Waringin, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Satu saja agenda Spouse Program itu yakni Morning Tea, untuk sementara lima kepala negara yang sudah konfirmasi ikut, tapi nama negara-nya masih dicek lagi," kata Sumiati.

Kegiatan itu dijadwalkan berlangsung pada 10 Mei 2023 pukul 08.00 WITA. Pasangan dari para kepala negara akan disambut di depan halaman kawasan Puncak Waringin lalu berjalan di atas karpet merah menuju ke dalam kawasan. Di area dalam kawasan Puncak Waringin, isteri dari para kepala negara tersebut akan melihat pameran UMKM seperti tenun, kopi, dan kelor.

Selain itu, ada pertunjukan tari dan musik yang akan disajikan di area halaman dalam kawasan Puncak Waringin. Setelah menikmati tari-tarian dan musik yang dipertunjukkan di halaman area dalam Puncak Waringin, peserta Spouse Program akan menaiki buggy car untuk naik menuju ke bangunan atas Puncak Waringin.

Di atas, isteri dari para delegasi itu akan menikmati morning tea dan family photo. "Acaranya kurang lebih satu jam dan itu tertutup. Hanya host saja yang bisa foto di sini," ucap Sumiati.

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...