WHO Akhiri Darurat Covid-19 Jadi Pertanda Kesehatan Global Terkendali

Intan Nirmala Sari
6 Mei 2023, 08:05
who, covid
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Pasien yang diduga terinfeksi virus Covid-19 menjalani perawatan diruang isolasi RSUP Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (18/2/2020).

Kondisi kesehatan global dinilai terkendali, seiring pengumuman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mengakhiri status darurat Covid-19. Meskipun begitu, pakar kesehatan sekaligus Direktur Pascasarjana Universitas YARSI, Prof Tjandra Yoga Aditama mengingatkan bahwa Covid-19 masih ada.

“Walaupun Covid-19 bukan lagi kedaruratan kesehatan global, tetapi virusnya, penyakitnya, pasiennya masih akan tetap ada, bahkan kematian akibat Covid-19 di Indonesia dan dunia masih akan ada. Hanya jumlahnya menjadi sedikit dan situasi kesehatan terkendali," katanya saat dikonfirmasi, Jumat (5/5) malam.

Tjandra yang juga mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara itu, mengatakan ilmu pengetahuan masih harus terus dikembangkan terkait dengan Covid-19. Hal itu mengingat, penyakit tersebut masih baru dibandingkan jenis penyakit lainnya yang berumur puluhan hingga ratusan tahun.

Untuk itu, dia juga mengingatkan masyarakat untuk terus menggali ilmu tentang banyak hal, termasuk fenomena long Covid-19 yang saat ini terjadi. Begitu juga terkait waktu yang tepat untuk kembali vaksinasi, sebagai bentuk perlindungan diri terhadap virus corona. Dia juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada menghadapi berbagai ancaman penyakit menular, termasuk Covid-19.

"Upaya pengendalian oleh pemerintah tetap harus dijalankan sebagaimana juga pengendalian penyakit menular lainnya," katanya.

Di samping itu, Tjandra mengatakan akan ada pandemi lanjutan di masa mendatang datang, yang saat ini belum dapat diprediksi kapan terjadi, dan apa penyebabnya. Dengan begitu, program pencegahan dan persiapan masih perlu dijalankan, agar bisa mengantisipasi risiko kemunculan pandemi yang berdampak buruk layaknya Covid-19.

Halaman:
Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...