Klasemen SEA Games: Indonesia Raih 74 Medali Emas, Tinggalkan Kamboja

Ira Guslina Sufa
16 Mei 2023, 06:14
SEA Games
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/foc.
Atlet angkat besi Indonesia Juliana Klarisa menunjukan medali emas saat upacara penghargaan pemenang pada perlombaan kelas 55 kilogram putri SEA Games 2023 di Taekwondo Hall, Olympic Complex, Phnom Penh, Kamboja, Minggu (14/5/2023).

Gelaran olahraga antarbangsa Asia Tenggara  SEA Games Kamboja memasuki dua hari terakhir menjelang penutupan pada Rabu (17/5). Hingga hari ke-10 Indonesia memperkuat posisi di urutan ketiga berada di bawah Vietnam di posisi pertama dan Thailand di posisi kedua.

Hingga Senin (16/5)  malam pukul 22.00 WIB, kontingen Indonesia tercatat sudah mengantongi 74 medali emas, 67 perak dan 92 perunggu. Adapun Thailand mengoleksi 94 emas, 76 perak dan 93 perunggu dan Vietnam dengan 123 emas, 100 perak, 98 perunggu. Sedangkan Kamboja di posisi empat dengan 69 medali emas. 

Meski sulit untuk mengejar ke posisi dua, capaian emas yang diperoleh kontingen Indonesia sudah melewati target yang disampaikan pemerintah. Sebelumnya Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengatakan Indonesia menargetkan bisa membawa pulang 60 medali emas di SEA Games. Sedangkan Presiden Joko Widodo mengatakan meski ditarget 60 namun ia ingin Indonesia setidaknya membawa pulang 69 medali emas. 

Sepanjang hari ke-10 SEA Games Kamboja 2023, Senin, kiprah Indonesia diwarnai oleh kabar keberhasilan sekaligus kisah kegagalan.

Salah satu kabar mengecewakan adalah kegagalan tim basket putra Indonesia mempertahankan medali emas SEA Games, setelah dikalahkan Filipina pada babak semifinal.

Timnas Basket Putra Indonesia yang pada SEA Games Vietnam 2021 mendapatkan emas. Namun kini timnas Basket hanya berharap untuk setidaknya membawa pulang medali perunggu dalam pertandingan perebutan peringkat ketiga melawan Thailand, Selasa (16/5). .

Di sisi lain, kegagalan tim basket putra ini setidaknya bisa terhibur dengan kesuksesan tim basket putri. Pada pertandingan Minggu (14/5) timas Basket putri memastikan kemenangan dengan membawa emas SEA Games untuk pertama kalinya. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...