PPP Dekati Nasaruddin Umar, Bujuk Jadi Cawapres Pendamping Ganjar

Ade Rosman
16 Mei 2023, 16:32
PPP Usung Nasaruddin Umar Cawapres
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nym.
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kedua kiri) bersama Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (kiri) dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar (kanan) melaksanakan Shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (22/4/2023).

Ketua Majelis Pertimbangan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy mengatakan partainya membidik sosok  imam besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar sebagai kandidat yang akan diusung menjadi calon wakil presiden. Saat ini PPP telah resmi menyatakan dukungan untuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maju sebagai calon presiden pada pemilu 2024 mendatang. 

"Kyai Nasarudin Umar termasuk tokoh bangsa yang sedang kami elus-elus untuk menjadi cawapres Mas Ganjar," kata Rommy dalam keterangan resmi, Selasa (16/5).

Rommy beralasan Nasaruddin memiliki kriteria yang sesuai dengan yang diharapkan PPP. Menurutnya, Nasaruddin merupakan tokoh yang bisa diterima oleh masyarakat luas dari berbagai kalangan.

"Karena kyai Nasar memiliki kriteria yang sesuai, yaitu tokoh luar Jawa, memiliki warna keagamaan yang moderat, Rais Syuriah PB Nahdlatul Ulama, dan bisa diterima luas oleh banyak kalangan," kata  Rommy.

Lebih jauh, Rommy mengatakan Ganjar dan Nasaruddin akan bersua pada Kamis (18/5) nanti. Saat itu Ganjar dijadwalkan akan berkonsolidasi ke Sulawesi Utara. Pada kesempatan tersebut, kata Rommy, Nasaruddin akan turut hadir sebagai pembicara. 

Meski demikian, Rommy mengatakan Nasaruddin bukanlah calon tunggal yang didekati PPP. Ia mengatakan, nama lainnya yaitu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...