PPP Bahas Kans Dorong Sandiaga Jadi Cawapres Ganjar di Rapimnas

Andi M. Arief
16 Juni 2023, 17:55
PPP
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp.
Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono (kiri) menyaksikan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (tengah)menyapa wartawan saat tiba di Kantor DPP PPP, Jakarta, Rabu (14/6/2023).

Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Muhammad Mardiono mengatakan akan membahas persiapan tahapan Pemilihan Umum 2024 dalam Rapat Pimpinan Nasional VI PPP hari ini, Jumat (16/6). Salah satu poin pembahasan tersebut adalah persiapan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno sebagai calon wakil presiden.

Mardiono menyampaikan pembahasan kans Sandiaga di Pilpres menjadi salah satu isu utama yang disiapkan PPP. Saat ini PPP telah menyatakan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.

"Pembahasan terkait Sandiaga menjadi bahasan politik yang strategis. Itu akan dibahas semua," kata Mardiono di Hotel Sultan, Jumat (16/6).

PDIP menjadi partai pengusung Ganjar pertama untuk maju sebagai capres pada Pilpres 2024. Saat ini, PDIP masih mengkaji 10 nama yang dapat mendampingi Ganjar pada tahun depan. Mardiono mengatakan menyiapkan strategi untuk memposisikan Sandiaga sebagai wakil Ganjar. 

Sebelumnya Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengatakan bergabungnya Sandiaga secara resmi menjadi kader PPP sekaligus membuka kans mantan wakil ketua umum Partai Gerindra itu untuk diusung menjadi calon wakil presiden. Nama Sandiaga menjadi salah satu kandidat cawapres yang telah disodorkan PPP kepada PDIP. Namun hingga kini Ketua Umum PDIP Puan Maharani belum mengumumkan siapa yang akan mendampingi Ganjar.  

Menurut Baidowi upaya PPP menyodorkan Sandiaga sebagai cawapres  bukanlah sesuatu yang berlebihan. Alasannya Sandiaga juga pernah maju untuk posisi yang sama pada Pemilu 2019 saat menjadi cawapres pasangan Prabowo Subianto. Meski begitu, Baidowi mengungkapkan ada mekanisme yang harus dilalui di PPP seperti melalui rakernas. 

Sandiaga sendiri mengaku sangat menghormati keputusan PPP yang menerima dirinya sebagai kader. Menurut Sandiaga ia telah melakukan pendekatan dan melewati proses seperti yang disampaikan pengurus PPP selama lebih dari 7 bulan. Soal urusan pilpres Sandiaga mengatakan menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada partai. 

Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...