PPP Tolak Usulan Ganjar Pranowo sebagai Cawapres Prabowo

Ade Rosman
6 Juli 2023, 16:29
Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono (kanan) didampingi Ketua Majelis Pertimbangan Partai Muhammad Romahurmuziy (kiri) dan Sekjen Arwani Thomafi (tengah) berfoto bersama kader pada pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) VI Partai Persatuan Pembanguna
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/tom.
Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono (kanan) didampingi Ketua Majelis Pertimbangan Partai Muhammad Romahurmuziy (kiri) dan Sekjen Arwani Thomafi (tengah) berfoto bersama kader pada pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) VI Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Jakarta, Jumat (16/6/2023).

Partai Persatuan Pembangunan atau PPP menolak kemungkinan Ganjar Pranowo sebagai calon wakil presiden Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Pernyataan itu merespons Prabowo Subianto yang mengatakan pernah berharap Ganjar Pranowo menjadi cawapres pendampingnya.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan Achmad Baidowi mengatakan, tidak ada kemungkinan Ganjar menjadi cawapres Prabowo. "Rumus Prabowo-Ganjar itu enggak ada. Kalau rumus Ganjar-Prabowo itu rumusnya mungkin ada," kata Achmad yang dikenal dengan Awiek di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (6/7).

Awiek mengatakan kalkulasinya berdasarkan elektabilitas Ganjar yang menurutnya jauh di atas Prabowo. Menurutnya opsi Ganjar-Prabowo lebih bagus dibandingkan Ganjar yang menjadi cawapres Prabowo.

Sebelumnya, Prabowo menyatakan Ganjar sebagai sosok yang dibidik sebagai cawapres dalam program Mata Najwa.

“Tadinya aku berharap bersama beliau (sebagai pasangan capres-cawapres). Tadinya,” kata Prabowo.

Di sisi lain, Awiek memberi catatan pada wacana koalisi besar. Kemungkinan parpol pendukung Ganjar bergabung masih terbuka asalkan tetap menjadikan Gubernur Jawa Tengah itu sebagai calon Presiden 2024.

"Koalisi besar yang bersama-sama di sini, di PDIP, bersama PPP dan teman-temannya. Bukan koalisi besar yang dulu muncul di bulan puasa itu. Beda lagi," katanya.

Adapun PPP saat ini memberikan dukungan pada Ganjar bersama Hanura, dan Perindo. Belakangan beredar isu Partai Golkar dan PAN akan ikut masuk barisan parpol pendukung Ganjar. Namun ia tak bisa memastikan partai mana yang memiliki kecenderungan lebih untuk bergabung.

"Komunikasi kan sama saja dua-duanya. 50:50," katanya.

Reporter: Ade Rosman
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...