NasDem Gelar Apel 180 Ribu Kader Akhir Pekan Ini, Tak Undang Jokowi

Ade Rosman
12 Juli 2023, 17:31
nasdem, surya paloh, jokowi
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (tengah) didampingi jajaran pengurus partai memberikan keterangan pers pascapenahanan Sekjen Partai NasDem yang juga Menkominfo Johnny G. Plate oleh Kejaksaan Agung, di NasDem Tower, Jakarta, Rabu (17/5/2023).

Partai NasDem akan menggelar agenda Apel Siaga Perubahan di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Minggu (16/7). Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali mengatakan, acara tersebut akan dihadiri oleh 180 ribu peserta yang telah terdaftar.

Meski demikian, NasDem tak akan mengundang Presiden Joko Widodo dalam acara tersebut. Alasannya, apel tersebut adalah acara internal kader saja.

"Jadi kami tidak mengundang pihak-pihak eksternal, termasuk pemerintah yang non kader partai NasDem," kata Ali pada wartawan di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Rabu (12/7).

Ali beralasan, pemilihan GBK karena biasanya digunakan untuk hajatan politik. NasDem tak menggunakan Jakarta International Stadium (JIS) karena merasa lebih diperlukan klub sepak bola.

"JIS di pikiran kami memang lapangan untuk kandang Persija Jakarta," katanya.

Ali mengatakan agenda konsolidasi pada 16 Juli nanti merupakan momentum Partai NasDem setelah memperbaiki daftar calon anggota legislatif.

Belum diketahui secara jelas apa saja yang akan menjadi pembahasan dalam apel tersebut. Namun,  partai besutan Surya Paloh itu tengah menggodok bakal calon wakil presiden dari Anies Baswedan.

Seiring pencalonan Anies, hubungan NasDem dengan Jokowi juga merenggang. Bahkan, Surya Paloh Surya Paloh mengatakan hubungannya Presiden Jokowi tak baik-baik saja.

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...