Airlangga Targetkan Indonesia Susul Jepang dan Korsel Masuk OECD

Andi M. Arief
20 Juli 2023, 10:49
oecd, ide katadata 2023, airlangga
Katadata/Muhammad Zaenuddin
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto membuka Indonesia Data and Economic Conference Katadata atau IDE Katadata di Jakarta, Kamis (20/7).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menargetkan Indonesia jadi anggota Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi atau OECD dalam waktu dekat. Airlangga menilai target tersebut dapat tercapai secepatnya 2026.

Airlangga menyampaikan telah bertemu dengan Sekretaris Jenderal OECD Mathias Cormann belum lama ini. Menurutnya, hasil pertemuan tersebut adalah Indonesia menjadi mitra kunci OECD.

"Artinya, kita diundang dalam setiap pertemuan OECD. Indonesia akan menjadi negara ketiga di Asia kalau masuk jadi anggota OECD," kata Airlangga dalam Indonesia Data and Economic Conference Katadata 2023, Kamis (20/7).

Sejauh ini, negara di Asia yang telah menjadi anggota OECD adalah Jepang dan Korea Selatan. Airlangga mengatakan kedua negara Asia Timur tersebut menjadi anggota OECD setelah lolos dari jebakan negara berpendapatan menengah.

Airlangga menjelaskan keanggotaan OECD penting agar pemerintah di dalam negeri dipaksa mengimplementasikan standar yang tinggi. Standar tersebut akan diterapkan dalam pembentukan perundangan di parlemen hingga lembaga pemerintahan.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...