Jusuf Kalla Sentil Partai Golkar, Nilai Tak Mandiri Hadapi Pilpres

Ade Rosman
31 Juli 2023, 15:05
Jusuf Kalla
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/tom.
Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto menyampaikan pidato pada Zikir AKbar "Golkar Bershalawat" di Dinning Hall Wisma Atlet, Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (18/2/2023).

Mantan Ketua Umum Partai Golkar periode 2004-2009 Jusuf Kalla mengkritisi kondisi partai berlogo partai beringin itu yang dinilai terlalu bergantung pada penguasa. Hal itu menurut Golkar sangat terlihat dari gesture Golkar dalam menentukan sikap politik. 

"Sangat tergantung kepada penguasa untuk menentukan koalisi-koalisinya dan tidak berani Golkar itu untuk berdiri sendiri untuk menentukan," kata Jusuf Kalla ketika ditanya wartawan pandangannya mengenai situasi Golkar di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Senin (31/7).

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Republik Indonesia itu mengatakan, tidak mandirinya partai politik berbahaya bagi demokrasi negara. Hal itu lantaran Golkar merupakan partai besar. 

Partai Golkar merupakan salah satu partai pendukung Presiden Joko Widodo dalam Kabinet Indonesia Maju. Meski begitu hingga kini Golkar belum menentukan salah satu calon presiden pada pilpres 2024 mendatang. 

Golkar telah melakukan penjajakan dengan ketiga calon presiden yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Yang terakhir Ketua Umum Airlangga Hartarto telah bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Puan Maharani untuk menjajaki kemungkinan koalisi. 

Meski begitu, hingga kini Golkar tetap belum menentukan sikap. Beberapa senior partai termasuk Jusuf Kalla telah menunjukkan sikap mendukung Anies Baswedan. 

Jusuf Kalla Tolak Wacana Munaslub Partai Golkar

Lebih jauh, Jusuf kalla mengaku tak setuju dengan wacana Musyawarah Nasional Luar Biasa atau Munaslub Partai Golkar. Menurut JK, seharusnya internal Partai Golkar bersatu.

Terutama saat ini pelaksanaan pemilu sudah tak lama lagi.Komisi Pemilihan Umum telah menetapkan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden digelar pada 14 Februari 2024.  

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...